Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Business Plan?

Apa Itu Business Plan - Bisnis merupakan suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan keuntungan atau laba. 

Apa Itu Business Plan?

Dalam mengembangkan suatu bisnis biasanya para pelaku bisnis melakukan rencana (plan) terlebih dahulu untuk mengetahui posisi, arah dan tujuan sebuah bisnis untuk mencapai sasaran yang ingin dicapai. 

Business plan adalah dokumen tertulis yang harus direncanakan oleh pengusaha yang meliputi semua unsur yang relevan baik unsur eksternal dan internal dalam memulai usaha baru. 

Selain itu, pengertian lain business plan adalah dokumen tertulis yang disiapkan oleh wirausaha yang menggambarkan semua unsur-unsur yang relevan baik internal maupun eksternal mengenai perusahaan untuk memulai sewaktu usaha. 

Isinya sering merupakan perencanaan terpadu menyangkut pemasaran, permodalan, manufaktur dan sumber daya manusia.

Perencanaan bisnis merupakan langkah awal yang perlu disiapkan dengan harapan dapat digunakan untuk menggali, menumbuhkan ide bisnis dan menuangkannya dalam sebuah usaha bisnis. 

Dari pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa jika ingin membangun sebuah bisnis harus di tentukan dengan sebuah perencanaan terlebih dahulu agar bisnis yang dikembangkan dapat berjalan lancar. 

Kebanyakan bisnis kecil itu gagal karena kesalahan dari rencana bisnis mereka. Ada beberapa alasan penting mengapa pelaku bisnis harus menyusun rencana bisnis (business plan) yaitu :
  • Untuk menunjukkan bahwa bisnis ini layak dan menguntungkan. Perencanaan bisnis akan membuat kita dapat melihat dengan jelas apakah bisnis yang dijalankan nantinya memiliki keberhasilan yang tinggi.
  • Untuk mendapatkan pembiayaan Bank. Dengan adanya perencanaan usaha yang jelas maka akan memudahkan kita untuk mencari bantuan kerjasama dari berbagai pihak karena didalam perencanaan usaha menunjukkan aspek keuangan,dan aspek pemasaran yang hal tersebut akan memudahkan kita mendapat dukungan berupa pinjaman melalui bank.
  • Untuk mendapatkan dana investasi. Perencanaan bisnis yang jelas juga memungkinkan untuk mendapatkan pinjaman melalui pihak-pihak lain yang potensial yang akan mendukung pemenuhan investasi bisnis kita.
  • Untuk mengatur dengan siapa harus bekerjasama. Mengatur dan membentuk kerjasama dengan para pebisnis lain yang sudah ada dan saling menguntungkan misalnya dari para produsen yang dapat diharapkan memasok barang buat bisnis yang dikelola.
  • Untuk mendapatkan kontrak besar. Perencanaan yang baik dapat menarik minat perusahaan yang besar.
  • Untuk menarik tenaga kerja inti. Jika memerlukan tenaga kerja yang mempunyai kemampuan untuk menduduki posisi kunci dalam bisnis yang dikembangkan, biasanya dengan melakukan perencanaan bisnis dapat menentukan posisi mana tenaga kerja inti agar bisnis bisa berkembang.
  • Untuk memotivasi dan fokus. Perencanaaan yang baik menjamin adanya perhatian yang fokus pada tujuan dari berbagai personil yang ada dalam perusahaan. Sebab sebuah perusahaan akan bertumbuh makin lama makin kompleks sehingga business plan menjadi komponen yang sangat penting bagi setiap oranguntuk tetap berpijak pada arah yang benar.

Sumber :
Wulandary, A., Fitriani, R., Mursalat, A., & Darhyati, A. T. (2020). Business Model Canvas: Implementasi Terhadap Industri Rumahan Produk Virgin Coconut Oil (VCO). Media Sains Indonesia.

Post a Comment for "Apa Itu Business Plan?"