>

Panen Dan Pasca Panen Bengkuang

Panen Dan Pasca Panen Bengkuang
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Panen Dan Pasca Panen Bengkuang, mudah-mudahan isi postingan Artikel Pertanian, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Panen dan Pasca Panen Bengkuang - Bengkuang adalah tanaman merambat tahunan dengan panjang hingga 45 m dengan akar sekitar 2 m. Tumbuhan ini dicirikan oleh batang yang meliuk-liuk, merayap, dengan rambut halus di bawahnya, daun majemuk, dengan panjang batang 8.5-16 cm. 
Panen Dan Pasca Panen Bengkuang

Bengkuang adalah jenis umbian yang berbentuk bulat seperti buku dan beratnya mencapai 5 kg. Umbi bengkuang memiliki kulit  tipis berwarna kuning pucat, daging buah berwarna putih segar, rasa manis. 

Umbi mengandung gula, pati, fosfor, kalsium dan kadar air sekitar 86-90%, yang memiliki efek mendinginkan. Bengkuang memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh, terutama bagi  yang ingin diet  dan memiliki penyakit diabetes. 

Untuk panen umbi yang baik, diperlukan metode panen bengkuang yang tepat. Bengkuang dapat dipanen pada saat tanaman berumur 4 bulan. 

Jika ingin buah yang  lebih besar, Anda bisa memanen bengkuang mulai dari umur 5 bulan, hingga 8 bulan. Karena umur panen mempengaruhi kualitas buah yang berserat dan kurang rapuh. 

Secara fisiologis, bengkuang dapat dipanen saat batang dan daunnya mulai menguning. Biasanya bengkuang yang ditanam di dataran rendah bisa dipanen pada umur 3,5-5 bulan. Sedangkan  di dataran tinggi bisa dipanen saat umur pohon 28 bulan. 

Untuk memanen bengkuang diperlukan teknik atau cara tertentu, yaitu  mencabut batangnya pada saat tanah kering dan tidak keropos. Anda dapat menggunakan alat seperti beliung dan sejenisnya untuk mengangkat bengkuang dari tanah. 

Kumpulkan semua bengkuang yang telah mengapung ke permukaan, potong  pangkal buah dan potong batang tanaman, sisakan hanya  ujung buah sekitar 15 cm. Zat ini digunakan untuk mengikat bengkuang saat dipasarkan. 

Setelah  berhasil memanen bengkuang, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menghasilkan buah yang berkualitas. Termasuk yang berikut ini: 
  • Cuci bengkuang sampai bersih agar  lebih lembut, kuat, segar, halus dan indah. 
  • Keringkan buah bengkuang di tempat yang berventilasi baik dengan cara menyebarkannya di atas tikar atau karpet, kemudian gunakan pisau cukur untuk mengikis sisa batang dan akar pada buah. 
  • Mengelompokkan buah berdasarkan ukuran  kecil, sedang dan besar untuk memudahkan dan menambah waktu berbuah. 
  • Buah bengkuang kemasan untuk dijual di pasar, dalam satu tandan berisi 2 sampai 5 bengkuang. Tautan juga disesuaikan dengan  ukuran buah. Jika buahnya berukuran sedang,  satu bungkus berisi 34 buah. 
  • Sebelum dijual ke pasar, simpan bengkuang di tempat yang sejuk dan jangan gunakan kantong yang tertutup rapat. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesegaran buah. 
  • Simpan bengkuang antara 12 dan 16 derajat Celcius. Suhu yang terlalu rendah dapat merusak umbi. Penyimpanan yang tepat memungkinkan bengkuang memiliki umur simpan hingga 2 bulan. 
  • Jika bengkuang dikirim ke pabrik, Anda dapat mengemasnya dalam karung atau curah. Namun, jika bengkuang dijual di pasar, Anda bisa mengemasnya dalam berbagai bentuk seperti di  keranjang atau diikat dengan tali. 
  • Selain dijual di pasar, bengkuang yang sudah dipanen dapat diolah menjadi berbagai makanan dengan cara direbus, dikukus, digoreng atau dimakan langsung.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Panen Dan Pasca Panen Bengkuang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel