>

Cara Menanam Lidah Buaya

Cara Menanam Lidah Buaya
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Cara Menanam Lidah Buaya, mudah-mudahan isi postingan Artikel Pertanian, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Cara Menanam Lidah Buaya - Lidah buaya suatu tanaman hias yang banyak manfaatnya baik untuk pengobatan maupun kesehatan contoh untuk pengobatan seperti diabetes, bisul, wasir, jerawat dan lain-lain. 
Cara Menanam Lidah Buaya

Lidah buaya selain banyak dimanfaatkan sebagai bahan alami dari kosmetik dan untuk penyuburan rambut, sekarang ini sudah dikembangkan menjadi minuman yang sehat. 

Selain sebagai tanaman obat lidah buaya juga menjadi tanaman hias rumah anda, apakah timbul niat untuk menanam namun bagai mana cara menanam lidah buaya yang baik dan benar agar lidah buaya dipandang indah serta memiliki batang yang subur?. Berikut ulasan tentang cara menanam lidah buaya kapan waktu yang tepat untuk menanam lidah buaya.

Mengetahui Kapan Untuk Mengambil Bibit yang Pas

Lidah buaya yang mempunyai akar yang cenderung pendek dan berdaun lebat biasanya dipindahkan pada pot pada saat sudah keberatan atau kebanyaan daun. 

Kemudian jika lidah buaya kehabisan tempat bertumbuh pada akarnya maka akan mulai menghasilkan pups atau anakan yang dapat dipindah pada pot tersendiri. 

Jika ingin menanam tanaman yang sudah dewasa yang akan menghasilakn tanaman baru maka disarankan untuk mencakok pada pot yang lebih besar sebelum akar-akarnya memulai melingkari dinding wadah. 

Jika ingin mencangkok gunakanlah tanaman yang sudah tua utnuk bertujuan untuk mendapatkan bibit-bibit lidah buaya yang baru.

Tanamlah Lidah Buaya pada Tanah Cepat Kering

Lidah buaya bertahan untuk adaptasi hidup pada kondisi kering, akan layu pada tanah yang tergenang banyak air. Usahakan campur tanah dengan kaktus atau buat campuran sendiri dengan menggunakan sekam, tanah, krikil dan pasir. Kemudian pastikan pot yang kita gunakan untuk menanam lidah buaya bagian bawah terdapat lubang buang airnya.

Persiapan Lahan Tanam untuk Lidah Buaya

Langkah awal olah terlebih dahulu lahan dengan dibajak atau dicangkul supaya tanah gembur. Setelah itu buangi rumput dan akar yang ada dilahan kemudian buatlah bedangan, parit untuk mempermudah drainase, buang air yang berlebihan pada parit. 

Ukuran bedangan biasanya 1×2 meter, dengan ketinggian antara 35-45 cm. Untuk pancajang menyesuaikan panjang lahan yang akan dijadikan media tanam dan lebar juga menyesuaikan lahan.

Pembibitan Tanaman Lidah Buaya

Dalam pembibitan yaitu dengan cara pemisahan anakan dari tanaman pokok atau induknya, pembibitan vegatatif ini biasa dilakukan oleh para petani, dikarenakan tidak menanam waktu yang banyak saat penanaman bibit dilahan tanam. 

Pisahkan anaka tanaman lidah buaya tersebut kemudian ditanam di polybag selama 2-4 bulah disarankan jangan memindah bibit atau anakan langsung kelahan tanam.

Penanaman Lidah Buaya

Kemudian setelah lidah buaya sudah siap, lalu pindahkan bibit dari polybag ke lahan dengan cara buang polybag dengan hati-hati agar tanah tidak pecah atau tabur. Kemudian masukan bibit kedalam lubang yang sudah dibuat di lahan beserta tanah yang ada di polybag tadi.

Pemeliharaan dan Perawatan Lidah Buaya

Pemeliharaan tanaman meliputi penyiangan lahan, pembersihan gulma agar pertumbuhan lidah buaya tumbuh subur. 

Jika ada bibit yang mati atau tewas terkena matahari dan penyakit ganti dengan bibit yang baru dilakukan saat umur 1-4 minggu setelah tanam. 

Selama masa penanaman sirami tanaman setiap saat tanah kering, kemudian berikan pupuk jika tanaman terlihat tidak sehat secara rutin.

Masa Panen Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya dipanen pada masa atau umur kurang lebih 12-18 bulan setelah tanam. Kemudian pemanenan dilakukan oleh para petani satu bualan sekali dan biasanya dilakukan pada sore hari.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Cara Menanam Lidah Buaya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel