>

Mengenali Siklus Hidup Hama Penggerek Batang Padi

Mengenali Siklus Hidup Hama Penggerek Batang Padi
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Mengenali Siklus Hidup Hama Penggerek Batang Padi, mudah-mudahan isi postingan Artikel Pertanian, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Siklus Hidup Hama Penggerek Batang Padi - Tentunya bagi para Petani tananaman padi tidak asing lagi dengan yang namanya hama penggerek batang ini, karena sepanjang melakukan aktifitas budidaya tanaman padi ini hama penggerek batang padi ini selalu menyertai dalam setiap tahapan fase pertumbuhan tanaman padi.
Mengenali Siklus Hidup Hama Penggerek Batang Padi

Untuk itu bagi rekan-rekan Petani tentunya harus mengenali siklus hidup hama penggerek batang padi ini, agar dalam budidaya tanaman padinya akan aman dari serangan hama tersebut. 

Mengapa hal ini perlu di kenali? karena hama penggerek batang padi ini dapat merusak tanaman padi pada semua fase pertumbuhan padi baik fase vegetatif maupun vase generatif. 

Apabila pada fase vegetatif menyerang maka tanaman padinya akan terkena yang namanya sundep sehingga tanaman padi mati, sedangkan apabila menyerang pada tahap fase generatif maka tanaman padi akan terkena beluk atau malai hampa.

Nah, dengan menegenali siklus hidup hama penggerek batang padi ini diharapkan para Petani akan semakin waspada dan tepat sasaran dalam mengendalikan hama penggerek batang padi ini.

Sebelum saya menjelaskan siklus hidup hama penggerek batang padi ini, sebaiknya mengenal juga jinis dari hama penggerek batang padi ini. ada tiga jenis hama penggerek batang padi, yaitu :
  • Penggerek Batang Padi Putih ( PBPP)
  • Penggerek Batang Padi Kuning (PBPK)
  • Penggerek Batang Padi Merah Jambu ( PBPMJ)

Dari ketiga jenis Hama penggerek batang padi tersebut yang paling berbahaya terhadap budidaya tamana Padi adalah Penggerek Batang Padi Putih.

Siklus hidup hama penggerek batang padi ini selama 43-45 hari, dimana selama 43-45 hari tersebut terbagi menjadi 4 tahap, yaitu:
  • Tahapan Kupu-kupu, kupu-kupu ini akan hidup selama 6 hari
  • Tahapan telur, telur akan menetas ketika sudah berumur 7 hari
  • Tahapan Ulat, Ualat akan hidup selama 22 hari. Apabila musim kemarau ulat ini akan bertahan hidup di dalam batang padi di dalam tanah selama 100 hari.
  • Tahap menjadi kepompong, dan akan terbang menjadi kupu-kupu kembali bila ulat berada di dalam kepompong selama 8-10 hari.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Mengenali Siklus Hidup Hama Penggerek Batang Padi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel