Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memberi Pakan dalam Budidaya Belut

Memberi Pakan Budidaya Belut - Dalam budidaya belut, cara memberikan pakan yang benar adalah hal yang wajib diperhatikan karena jika tidak, belut yang Anda ternak tidak akan dapat berkembang dengan baik.

Memberi Pakan dalam Budidaya Belut

Di habitat aslinya, belut memakan ikan kecil, cacing, hingga krustasea. Untuk belut anakan Anda bisa memberi pakan hidup seperti cacing, larva ikan, atau larva serangga. Sedangkan untuk belut dewasa Anda bisa memberikan katak, ikan, yuyu, bekicot, atau keong.

Agar menghasilkan belut dengan kualitas baik, dan untuk memberikan keuntungan bagi anda yang melakukan budidaya belut maka diperlukan pemilihan pakan yang tepat.

Dalam pertumbuhannya belut memerlukan pakan, jenis pakan alami merupakan kebutuhan pokok dalam pertumbuhan belut.

Dalam pemberian pakan dalam budidaya ikan belut cukup dilakukan satu kali dalam sehari. Hal ini yang membuat budidaya belut relatif lebih mudah jika dibandingkan dengan budidaya lele atau ternak ikan lainnya.

Waktu yang baik dalam pemberian pakan belut adalah di waktu sore hari. Mengapa sore hari? Karena belut adalah binatang nocturnal, atau binatang yang mencari makan di malam hari. Terutama jika Anda melakukan budidaya belut sawah.

Jenis pakan yang baik bagi belut adalah cacing sutra, bekicot, ikan kecil, atau keong emas. Anda dapat campurkan pelet pada pakan belut tersebut dengan campuran satu berbanding satu.

Sebagai contoh, jika Anda memberikan 1 kg bekicot, maka Anda dapat mencapurkannya dengan 1 kg pelet. Sesuaikan jumlah pakan yang Anda berikan dengan jumlah belut yang Anda pelihara.

Satu hal penting yang Anda harus ketahui adalah sifat kanibalisme belut. Di saat belut mengalami perubahan kelamin, maka belut cenderung menjadi hewan kanibal atau pemakan sesamanya.

Oleh karenanya, pemberian pakan harus tepat waktu dan cukup jumlahnya. Terlebih lagi jika Anda memilih budidaya belut super, maka jumlah pakan yang diberikan pun harus lebih banyak dibanding budidaya belut parung, atau budidaya belut lainnya.

Ada baiknya jika Anda juga mengikuti pelatihan budidaya belut yang mungkin diselenggarakan oleh dinas peternakan di kota Anda. Dengan mengetahui cara budidaya belut air bersih yang benar, maka hasil yang Anda dapatkan juga akan maksimal.

Post a Comment for "Memberi Pakan dalam Budidaya Belut"