Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Budidaya Belut dalam Tong

Budidaya Belut dalam Tong - Bagi Anda yang ingin budidaya belut tetapi tidak mempunyai lahan yang cukup, budidaya belut dalam tong adalah alternatif yang bisa Anda coba.

Cara Budidaya Belut dalam Tong

Budidaya belut di lahan sempit menggunakan tong sebagai wadah sangat cocok bagi kalian jika kekurangan modal karena membudidayakan belut di dalam tong juga tidak terlalu besar.

Untuk jenis tong yang dapat digunakan adalah tong seukuran tong bekas oli yang sering kita jumpai. Caranya adalah dengan melubangi sisi tong tersebut selebar +/- 30 cm secara memanjang dari atas ke bawah.

Kemudian, tong yang sudah dilubangi sisinya tersebut direbahkan dengan posisi lubang di atas. Anda juga dapat menyambung tong-tong tersebut untuk mendapatkan kolam yang panjang. Tentu saja Anda harus mengelas sambungan tong agar tong tidak bocor saat diisi air.

Penting untuk Anda ketahui dalam budidaya belut, bahwa sebelum tong diisi air, tong harus dicat terlebih dahulu agar terhindar dari karat saat terisi air.

Baru setelah catnya kering, tong diisi dengan lumpur dengan sampai dengan ketebalan +/- 50 cm. Kemudian tong dapat diisi air sampai permukaan air kurang lebih 5 – 10 cm di atas lumpur.

Langkah selanjutnya adalah mengkondisikan kolam tong agar seperti habitat belut sebenarnya. Caranya dengan menanami eceng gondok di dalam kolam tong.

Eceng gondok ini juga berfungsi untuk memproduksi oksigen bagi belut yang Anda pelihara di dalam tong. Sebagai acuan, jumlah ideal eceng gondok dalam tong adalah kurang lebih 30% dari luas permukaan air di dalam tong.

Temperatur yang terlalu panas tidak baik dalam pembudidayaan belut. Oleh karenanya, tong sebaiknya tidak diletakkan di tempat yang langsung terkena sinar matahari.

Jika Anda memperhatikan hal-hal tersebut di atas, maka besar kemungkinan budidaya belut dalam tong akan memberikan hasil yang memuaskan buat Anda. Jangan lupa bahwa prospek budidaya belut sangat baik untuk keadaan pasar saat ini.

Selain budidaya belut dalam lumpur, Anda juga dapat mempelajari budidaya belut tanpa lumpur. Tentu saja dengan cara yang sedikit berbeda dari yang diterangkan di atas.

Post a Comment for "Cara Budidaya Belut dalam Tong"