Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Umum Ternak Sapi Potong

Ternak Sapi Potong - Salah satu komoditas ternak paling menjanjikan di Indonesia adalah ternak sapi. Meskipun banyak daging sapi impor di pasaran, namun permintaan akan sapi lokal tak kalah banyak. 

Panduan Umum Ternak Sapi Potong

Selain diambil dagingnya, sapi juga kerap menjadi sarana investasi. Harga satu ekor sapi pun terbilang mahal sehingga bisa menjadi salah satu ternak yang mampu memberikan laba besar. 

Dalam melakukan ternak sapi potong kalian bisa coba dengan langkah-langkah sederhana dan yang paling utama adalah memilih indukan berkualitas, sampai proses perawatan yang tepat.

Beberapa jenis sapi yang cocok dikembangkan untuk tujuan sapi potong antara lain jenis sapi Limousin yang mampu mencapai bobot lebih dari 1.000 kg, Jenis sapi simmental atau metal, sapi bali, sapi madura dan sapi ongole atau sapi PO.

Potensi pemasaran daging sapi juga sangat luas dan bahkan meskipun harganya kerap naik, permintaannya tetap besar di kalangan industrial, rumahan, sampai restoran, daging sapi merupakan salah satu yang paling banyak permintaannya. 

Bahkan kebanyakan makanan yang kita jumpai memiliki bahan baku daging sapi. Nah, jika kalian penasaran ingin mencoba ternak daging sapi potong, berikut ini panduan umum ternak sapi potong yang bisa kalian coba praktekan.

Persiapan Kandang

Kandang sapi mesti memiliki bentuk yang bisa melindunginya dari perubahan cuaca dan ilim. Suhu tubuh sapi sekitar 38-39 derajat celcius. 

Kandang yang bisa anda gunakan bisa dari tipe terbuka, dinding tertutup, serta setengah terbuka. Pastikan tempat pakan dan minumnya terbuat dari bahan yang aman untuk kulit sapi dan tidak mudah pecah. 

Sediakan tambat berupa tiang atau palang untuk mengikat sapi. Tambah bisa disatukan dengan struktur kandang agar tetap kokoh.

Memilih Bakalan

Pemilihan bakalan menjadi hal penting dalam bisnis sapi potong. Untuk mengejar kecepatan pertumbuhan daging pastikan memilih sapi yang cukup umur minimal 1,5 – 2 tahun. 

Jika sapi potong kalian merupakan jenis pembesaran, sebaiknya pilih sapi yang memiliki tubuh tidak cacat. Kemudian dapatkan dari bibit dengan silsilah jelas. 

Pernapasan baik dimana tidak terdapat lendir di sekitar kulit dan hidungnya dan kuku pun tidak ada bengkak serta tidak terasa panas. Pada bagian duburnya pun tidak terdapat bekas cairan yang menandakan sapi dalam kondisi prima.

Jenis Pakan dan Pemberian Pakan

Jenis pakan sapi bisa berasal dari jenis pakan berserat seperti rumput-rumputan, kacang tanah, pucuk tebu, dll. Atau dari jenis konsentrat yang berasal dari limbah hasil pertanian, biji-bijian, dan sebagainya. 

Pakan tambahan yang bisa kalian berikan juga seperti vitamin, enzim, antibiotik dan mineral. Untuk jumlah pemberian pakan konsentrat sekitar 1-2 % dari bobot sapi. 

Untuk pakan dalam bentuk kering bisa diberikan agar enzim dari lidah sapi keluar. Untuk tanaman hijau sebesar 10% dari bobot tubuh. Sedangkan pemberian konsentrat 1-2% dari bobot tubuh. Pakan garam 15-30 gram, dan air secukupnya.

Perawatan Umum

Sapi potong memerlukan perawatan yang cukup intens. Hal ini diperlukan karena sapi potong terbilang rentan virus dan hama. 

Maka dari itu upayakan untuk memberikan vaksinasi dan obat cacing secara rutin. Vaksinasi bisa dilakukan setiap 3 bulan sekali. Bersihkan kotoran kandang sapi setiap hari. 

Kebersihan kandang akan membuat sapi tidak stress dan berpeluang aman dari penyakit. Sikat dan mandikan tubuh sapi 1-2 hari sekali agar selalu bersih.

Post a Comment for "Panduan Umum Ternak Sapi Potong"