>

Panduan Umum Ternak Bebek Pedaging

Panduan Umum Ternak Bebek Pedaging
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Panduan Umum Ternak Bebek Pedaging, mudah-mudahan isi postingan Artikel Peternakan, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Panduan Umum Ternak Bebek Pedaging - Daging bebek tak kalah tingginya dari segi permintaan dari daging ayam. Masakan bebek banyak tersedia di aneka resto mahal hingga kaki lima. 
Panduan Umum Ternak Bebek Pedaging

Permintaan daging bebek pun makin meningkat dengan banyaknya permintaan di kalangan industri. Bahkan permintaan di perumahan pun tak kalah besar. 

Selain dagingnya, bebek juga kerap dibudidayakan untuk diambil telurnya. Minat akan telur bebek tidak kalah dengan telur ayam. Bahkan olahan telur bebek kerap dicari karena memiliki rasa yang lezat dan kualitas yang baik.

Beternak bebek bisa dilakukan dengan berbagai macam metode. Model peternakannya pun bisa dicoba dengan berbagai kondisi lahan. 

Umumnya kita mengira bahwa beternak unggas haruslah menyediakan area luas dan terbuka. padahal area peternakan bebek pun bisa dilakukan di kawasan yang sempit. Pakan unggas satu ini juga relatif terjangkau. Anda bisa menggunakan tipe alami hingga konsentrat.

Jenis Bebek Pedaging Unggul

Sebelum memulai pembahasan panduan umum ternak bebek pedaging Langkah awal yang perlu diketahui adalah pemilihan jenis bebek yang unggul untuk pedaging. Dalam ternak bebek pedaging rata-rata menggunakan bebek jantan, nah berikut ini 3 jenis bebek pedaging unggulan.

Bebek Peking

Jenis bebek peking dikenal memiliki cita rasa yang nikmat dan harga daging relatif lebih mahal dibading jenis lainnya. 

Bebek Peking merupakan jenis bebek pedaging dari China. Bebek ini memiliki pertumbuhan yang cepat dengan masa panen 45 hari dan bobot rata-rata 1,5 kg – 2 kg.

Bebek Hibrida

Jenis bebek hibrida merupakan hasil persilangan dari jenis bebek Mojosari betina dengan bebek Peking pejantan. Perkawinan silang ini menghasilkan bebek yang bisa dimanfaatkan untuk pedaging maupun petelur (dual purpose). Masa panen bebe ini juga cepat sekitar 45 hari dengan bobot 1,2 kg-1,5kg.

Bebek Magelang

Bebek magelang juga termasuk dalam bebek dual purpose.  Bebek ini mampu menghasilkan 200-300 telur dalam 1 tahun. Bebek yang memasuki masa afkir dimanfaatkan untuk bebek pedaging dengan bobot sekitar 1,8-2,5kg untuk pejantan dan 1,5-2kg untuk betina.

Bebek Tegal

Bebek ini juga jenis bebek dual purpose. Sebagai penghasil telur bebek ini mampu menghasilkan 200-250 telur dalam satu tahun  sedangkan untuk produksi daging bisa dipanen saat bobot 1,5-2kg.

Setelah sudah paham tentang jenis-jenis bebek pedaging saatnya kita masuk dalam pembahasan teknik berternak. Berikut ini ulasan selengkapnya untuk panduan ternak bebek pedaging secara umum.

Persiapan Indukan

Untuk hasil ternak yang maksimal, mulailah dengan memilih bibit yang baik. Indukan yang berkualitas bisa didapatkan dari membeli telur tetas dari indukan yang berkualitas. 

Telur bisa anda tetaskan sendiri dengan inkubator. Produksi telur sendiri dengan mengawinkan indukan jantan dan betina juga bisa anda coba. Atau dengan membeli Day Old Duck di toko peternakan juga bisa menjadi solusi lain. Pilih indukan yang sehat dan jelas asal-usulnya agar anakannya terjamin.

Nah untuk Anda yang masih pemula, kami sarankan untuk memelihara dari anakan atau Day Old Duck saja. Hal ini untuk mempercepat proses ternak dan medapatka bibit yang asli.

Persiapan Kandang

Anda bisa menggunakan kandang tipe pekarangan jika lahannya cukup luas. Investasi pun bisa ditekan dengan produksi yang sama banyaknya. 

Namun jika lahan terbatas, anda memerlukan tipe kandang baterai. Jenis kandang ini tidak memerlukan lahan luas namun biaya pembuatannya lebih besar. 

Bila tujuan ternak fokus pada telur, anda bisa menggunakan sistem terkurung. Jika tujuannya untuk pembibitan, anda bisa menggunakan tipe pekarangan.

Pakan Bebek

Ternak bebek memerlukan beberapa jenis pakan yaitu pakan alami dan konsentrat. Jenis pakan alami bisa anda dapati dari keong dan kepala udang. 

Sedangkan konsentrat berasal dari pabrik atau ramuan anda sendiri. Pakan pabrikan diperuntukan untuk umur 0-8 minggu. 

Pada fase awal setidaknya anda memerlukan pakan dengan protein 20-22%. Syarat meramu pakan konsentrat adalah mesti memenuhi kandungan protein dan mineralnya. Anda pun bisa memberikan campuran dedak, bungkil kelapa dan tepung ikan untuk alternatif pakan lainnya.

Kejelian dalam manajemen pakan sangat penting diperhatikan karena pengeluaran terbesar dalam beternak adalah pakan. Maka perlu mengkombinasi antara pakan pabrikan dan pakan alternatif agar biaya pakan bisa ditekan namun tidak mempengaruhi di pertumbuhan bebek.

Masa Panen

Bebek pedaging bisa dipanen dalam usia 40-45 hari. Pada usia tersebut, daging bebek sudah siap untuk dipanen. Jika semakin tua maka bebek akan memiliki daging yang alot. 

Waktu panen sebaiknya pada pagi hari secara serentak. Jika anda hendak memanen telur, anda bisa memanennya secara serentak. Sebaiknya telur segera dipasarkan. Untuk menambah nilai penjualan, anda bisa mengolahnya menjadi telur asin atau olahan lainnya.

Demikian uraian tentang panduan ternak bebek untuk anda. Selain poin diatas hal yang perlu juga diperhatikan adalah faktor kebersihan kendang dan pemberian vitamin beserta obat-obatan agar hewan ternak tetap sehat dan pertumbuhan normal. Semoga bermanfaat menambah informasi untuk anda.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Panduan Umum Ternak Bebek Pedaging"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel