>

Cara Persiapkan Media Untuk Lingkungan Budidaya Cacing

Cara Persiapkan Media Untuk Lingkungan Budidaya Cacing
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Cara Persiapkan Media Untuk Lingkungan Budidaya Cacing, mudah-mudahan isi postingan Artikel Peternakan, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Cara Persiapkan Media Untuk Lingkungan Budidaya Cacing - Banyak orang merasa takut atau geli pada cacing tanah. Namun, sebagian yang lain menganggap hewan ini memberi banyak manfaat dan menguntungkan, justru yang terbayang adalah rupiah.
Cara Persiapkan Media Untuk Lingkungan Budidaya Cacing

Belum banyak yang tertarik budidaya cacing, padahal permintaan dan harga hewan avertebrata ini cukup tinggi, terutama untuk dijadikan sebagai bahan baku kosmetik dan bahan obat-obatan. 

Selain itu, para peternak banyak menggunakannya untuk pakan ternak maupun obat. Hewan ini dinilai memiliki kandungan protein yang tinggi yang sangat baik bagi para peternak ikan.

Nah, dalam persiapan bahan pembuatan media untuk lingkungan budidaya cacing, bisa menggunakan kotoran sapi atau sampah organik seperti grajen, sisa baglog pada jamur tiram, jerami padi, dan sampah organik lainnya. 

Kemudian busukkan media tersebut dengan bantuan bakteri dengan menggunakan tetes tebu atau bisa menggunakan prodak pengurai seperti Bio Fit dengan menyemprotkan ke media tersebut. 

Selanjutnya tutup atau di krakap dengan terpal agar mempercepat proses pembusukan atau penguraian terhadap bakteri yang mengandung senyawa bagus untuk pertumbuhan cacing tanah yang akan kita budidayakan.

Proses ini bisa memakan waktu 1-7 hari tergantung dari kwalitas dan media yang kita olah dengan proses fermentasi, biasanya untuk kotoran lembu atau sapi bisa memakan waktu 3-7 hari. 

Sedangkan untuk media grajen bisa memakan waktu 3 hari, Kalau ingin cepat ya gunakan limbah atau sisa baglog pada jamur tiram cukup kita diamkan dan kita tutup selama 1-2 hari. 

Sebenarnya tidak melalui proses fermentasi ini sudah sangat bisa dan layak untuk hidup cacing tanah yang kita budidayakan nanti. 

Pastikan media cacing tanah yang akan kita gunakan untuk budidaya cacing tanah tersebut ber PH sejuk, jika sudah terbiasa hanya dengan memegang media cacing tanah yang akan kita gunakan tersebut sudah tahu, tidak pelu menggunakan alat pengukur PH.

Untuk bubuk gergaji ada cara lain, rendam serbuk gergaji selama 1 hari, untuk mengeluarkan getahnya lalu cuci serbuk gergajinya sambil diperas.

Kemudian masukkan pupuk kandang dan serbuk gergaji ke dalam media dengan komposisi 50:50 dan tambahkan air, agar campurannya lembab lalu aduk.

Biarkan selama 5-7 hari, Setiap hari disiram dengan air sedikit, diaduk trus untuk menjaga kelembabannya sehingga mempercepat proses pembusukan media.

Jangan biarkan media kering, jaga terus kelembabannya dan pastikan suhu medianya tidak panas. Kalian bisa letakkan media ditempat yang teduh. Setelah 7 hari, benih cacing sudah bisa dimasukkan.

Selama pembuatan media dan pemeliharaan berlangsung, ada beberapa benda atau bahan yang tidak boleh atau tercampur ke dalam media budi daya cacing Sebab sedikit saja tercampur dapat membuat cacing tanah mati.

Beberapa benda tersebut antara lain ampas kopi atau teh, minyak atau bahan berminyak, sabun atau bahan kimia, bahan yang mengeluarkan bau keras, tulang atau daging, buah yang masam, garam atau gula, cabai.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Cara Persiapkan Media Untuk Lingkungan Budidaya Cacing"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel