Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Persiapan Pakan dan Perawatan Budidaya Cacing

Cara Persiapan Pakan dan Perawatan Budidaya Cacing - Untuk persiapan pakan cacing berupa sayur-sayur busuk yang sudah dihancurkan, ampas tahu lebih baik, bekas nasi yang sudah ditumbuk dan imbah organik lainnya yang sudah membusuk.

Cara Persiapan Pakan dan Perawatan Budidaya Cacing

Komposisinya adalah 1:1, untuk 1 kg cacing diberikan 300 gram pakannya. Namun untuk awal pembudidayaan secukupnya saja, karena media yang sudah kita siapkan merupa makanan juga bagi cacing. 

Diberikan setiap 1x sehari, baiknya sore hari sekitar jam 16.00 sd 18.00, pasalnya cacing tanah termasuk salah satu hewan yang aktif makan pada malam hari. 

Campur bahan pakan tersebut dengan air secukupnya hingga terbentuk seperti bubur, lalu tebarkan pakan tersebutdi permukaan media. 

Sebaiknya 3 cm dari tepi media sebab cacing tanah merupakan binatang yang dominan berada tengah media. Bubur pakan ditaburkan secara merata di atas 1/3 bagian permukaan media hidup cacing tanah.

Cara pemberian pakan ada tiga cara antara lain diberikan secara langsung, dibusukkan terlebih dahulu dan difermentasi terlebih dahulu, fermentasi berarti memberikan “tetes tebu” untuk meningkatkan jumlah bakteri dalam makanan.

Untuk perawatan dalam budidaya cacing itu sendiri agar menghasilkan cacing yang berkualitas dan memiliki protein tinggi, lakukan perawatan rutin seperti:

Penyiraman 

Penyiraman bertujuan untuk menjaga media budidaya agar tetap lembab, jika media kering, segera lakukan penyiraman secukupnya namun jangan berlebihan.

Sehingga membuat media menjadi becek, jika hal itu terjadi biasanya cacing akan keluar dari media, idealnya tingkat kelembabpan media budidaya yang diinginkan cacing adalah 15%-30%.

Pengadukan

Pengadukan bertujuan untuk menyegarkan dan menggemburkan media, sehingga suplai oksigen dalam tanah tercukupi.

Selain itu pengadukan juga berfungsi untuk mencampurkan bahan yang tersisa, pengadukan sebaiknya dilakukan rutin 3-4 hari sekali atau tergantung kebutuhan.

Pengukuran PH dan Suhu

Cacing tanah membutuhkan tingkat keasaman dan suhu tertentu untuk dapat hidup dan berkembang biak, karena itu pengukuran secara berkala terhadap media budi daya mutlak diperlukan, tingkat keasaman tanah yang diinginkan oleh cacingtanah adalah 6-7,5 dan suhu berkisar 15-25°C.

Penggantian Media

Penggantian media dilakukan jika kondisi media dirasa sudah tidak layak lagi untuk kehidupan cacing, ciri media tidak layak adalah terlihat mulai memadat dan lengket, solusinya segera ganti dengan media yang baru.

Pencegahan Hama

Dari beberapa hama yang suka menyerang cacing tanah, musuh utamanya ternyata semut merah, untuk pencegahan letakan wadah yang berisi air di setiap kaki-kaki rak budi daya, dengan begitu semut merah tidak bisa naik ke atas media.

Post a Comment for "Cara Persiapan Pakan dan Perawatan Budidaya Cacing"