>

Mengenal Penyakit Menular Pada Itik Beserta Cara Pencegahannya

Mengenal Penyakit Menular Pada Itik Beserta Cara Pencegahannya
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Mengenal Penyakit Menular Pada Itik Beserta Cara Pencegahannya, mudah-mudahan isi postingan Artikel Peternakan, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Mengenal Penyakit Menular Pada Itik Beserta Cara Pencegahannya - Penyakit menular pada itik merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri atau kuman yang dapat ditularkan melalui kontak langsung atau lewat udara. Berbagai jenis penyakit menular dan cara pencegahannya antara lain:
Mengenal Penyakit Menular Pada Itik Beserta Cara Pencegahannya

Fowl Cholera (Kolera Itik)

Penyakit ini disebabkan karena bakteri Pasteurella avicia dan kondisi kandang yang basah dapat mempercepat penularan. 

Penyakit ini dapat menyebabkan infeksi darah dan akan mati secara mendadak. Pencegahan dapat dilakukan dengan cara vaksinasi fowl cholera.

Fowl Pox (Cacar)

Penyakit ini disebabkan karena virus yang akan menyerang rongga mulut sehingga itik kesulitan makan dan minum. Pencegahan penyakit ini dapat dilakukan dengan vaksinasi yang disuntikan dibalik sayap itik. 

White Eye (Mata Memutih)

Penyakit ini disebabkan oleh virus dan paling mudah menyerang itik yang kekurangan vitamin A. Penyakit ini hanya bisa dicegah dengan pemberian antibiotika yang dicampur kedalam air minum atau pakan. 

Coccidiosis

Coccidiosis adalah penyakit berak darah yang disebabkan oleh semacam mikroorganisme pada awal pergantian musim. 

Pencegahan penyakit ini dengan menggunakan obat-obatan kedalam pakan atau pemberian vitamin A dengan konsentrasi tinggi.

Coryza

Penyakit ini disebut juga penyakit pilek yang disebabkan oleh mikroorganisme melalui kontak langsung dengan itik yang sakit. 

Pengobatan yang paling efisien adalah dengan menyuntikan streptomycin sulphat dengan dosis rendah disesuaikan berdasarkan berat badan itik.

Salmonellosis

Penyebab penyakit ini adalah kuman Salmonella anatis melalui perantara lalat atau makanan dan minuman yang sudah tercemar kuman tersebut. 

Pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan dan kesehatan kingkungan kandang.

Sinusitis

Penyakit ini disebabkan karena tatalaksana pemeliharaan yang buruk, kekurangan mineral dalam pakannya, dan tidak tersedianya kolam untuk bermain sehingga itik menjadi rentan mendapat infeksi sekunder. Pencegahannya hanya bisa dilakukan dengan cara memperbaiki tatalaksana pemeliharaan.

Aflatoksikosis

Penyakit ini disebabkan oleh aflatoksin yang dihasilkan oleh Aspergillus flavus yang akan menyerang hati sehingga itik yang terserang penyakit ini hatinya akan membesar. 

Pencegahan dapat dilakukan dengan cara pemeliharaan lingkungan kandang, penaburan kapur di lantai kandang, pembersihan kandang (sanitasi) agar bebas dari serangga serta pemberian antibiotika.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Mengenal Penyakit Menular Pada Itik Beserta Cara Pencegahannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel