Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manajemen Pakan Pada Ternak Itik

Manajemen Pakan Pada Ternak Itik - Pakan merupakan salah faktor utama yang berpengaruh terhadap perkembangan industri peternakan. 

Manajemen Pakan Pada Ternak Itik

Sehingga pemberian pakan harus memperhatikan kandungan nutrisi dalam bahan pakan tersebut. Syarat pakan yang baik untuk ternak itik adalah sebagai berikut:
  • Ransum disusun dari bahan-bahan pakan yang mengandung gizi lengkap seperti protein, lemak, serat kasar, vitamin dan mineral.
  • Setiap bahan pakan digiling halus, kemudian dipadatkan dalam bentuk pil atau butiran, agar jangan banyak yang tercecer waktu itik memakannya.
  • Jumlah pemberian dan kadar protein di sesuaikan dengan umur pertumbuhan dan produksi.
  • Tempat pakan harus dicegah jangan sampai tercemar jamur ataupun bakteri, jadi harus selalu dalam keadaan kering dan bersih.
  • Sesuaikan jumlah tempat pakan dan minum dengan jumlah itik agar tidak saling berebut.

Dalam sistem pemeliharaan itik secara intensif, pemberian pakan dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain:

Pemberian Pakan Halus Dalam Keadaan Kering (Dry Mash Feeding)

Cara pemberian pakan dalam keadaan kering sudah mulai banyak dipraktekkan, namun cara tersebut memiliki beberapa kelemahan yaitu kesulitan menelan karena pakan tersebut halus sehingga perlu terus-menerus minum dan banyak pakan yang tercecer.

Pemberiaan Pakan Halus Dalam Keadaan Basah (Wet Mash Feeding)

Cara ini dilakukan untuk mengatasi kelemahan dari pemberian pakan dalam bentuk kering. Pemberian pakan dalam bentuk basah, pemberiannya harus sesuai kebutuhan (secukupnya) karena untuk menghindari timbulnya ketengikan ataupun tumbuhnya jamur pada makanan yang tersisa, sehingga apabila terdapat sisa sebaiknya dibuang.

Pemberiaan Pakan Dalam Bentuk Pellet

Keuntungan pemberian pakan dalam bentuk pellet, yaitu:
  • Menghemat pakan sampai 15-20%
  • Pemberiannnya lebih mudah dan menghemat tenaga
  • Air minum akan lebih lama dalam keadaan bersih
  • Tidak ada pertumbuhan jamur sebab pellet dalam keadaan kering

Pemberian pakan berupa pellet lebih mahal karena pembuatannya membutuhkan biaya, disamping itu belum tersedia dengan mudah bagi para peternak.

Post a Comment for "Manajemen Pakan Pada Ternak Itik "