>

Fakta Medis Dibalik Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan

Fakta Medis Dibalik Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Fakta Medis Dibalik Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan, mudah-mudahan isi postingan Artikel Pertanian, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


 Fakta Medis Dibalik Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan - Buah manggis memegang rekor sebagai “Queen of all fruits” atau ratunya buah-buahan. 
Fakta Medis Dibalik Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan

Begitupun dengan kulit buahnya, kaya akan manfaat dan khasiat alami yang sudah diuji melalui serangkaian tes laboratorium. Nah, mari kita lihat beberapa faktanya :

Penelitian di Memorial Sloan-Kettering Cancer Center menunjukkan bahwa senyawa dalam buah manggis yang disebut xanthones memiliki sifat anti – kanker yang dapat menghambat pertumbuhan beberapa jenis sel kanker yaitu kanker hati dan kanker leukemia. 

Selain itu, mereka melaporkan bahwa ekstrak dari manggis menghentikan perkembangan sel kanker payudara kemudian mematikan sel-sel kanker tersebut melalui proses yang disebut apoptosis .

Sebuah makalah yang diterbitkan pada edisi Desember 2011 oleh "Current Molecular Medicine" melaporkan bahwa xanthones dalam manggis juga memiliki sifat yang dapat membantu melindungi manusia dari senyawa karsinogenik, beserta dengan aktivitas anti - kanker yang berjalan. 

Para penulis menyimpulkan bahwa komponen manggis memiliki potensi yang signifikan sebagai agen antikanker, meskipun uji klinis dengan subyek manusia masih diperlukan. 

Peneliti dari Cancer Center juga melaporkan bahwa senyawa manggis dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur sekaligus membantu mencegah berbagai jenis infeksi.

Kemungkinan ini didukung oleh beberapa studi penelitian , termasuk salah satu yang diterbitkan pada edisi Juli 2003 oleh "Chemical and Pharmaceutical Bulletin" dimana peneliti menguji xanthones dari manggis dan menemukan mereka dapat menghentikan pertumbuhan bakteri tuberkulosis.

Studi lain yang dipublikasikan pada bulan Juli 2013 "BMC Complementary and Alternative Medicine" menemukan fakta bahwa xanthones kulit manggis mampu memblokir tumbuhnya bakteri yang disebut leptospira dan bila dikombinasikan dengan penisilin, khasiatnya dapat meningkatkan efektivitas antibiotik. 

Peneliti dari Cancer Center juga melaporkan bahwa senyawa manggis dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur sekaligus membantu mencegah berbagai jenis infeksi. 

Komponen alami dalam kulit manggis juga dapat membantu meningkatkan kesehatan mulut, menurut sebuah studi klinis yang diterbitkan dalam edisi Oktober 2008 "Complementary Therapies in Medicine" di mana subyek menjalani perawatan periodontal menggunakan pasta gigi yang mengandung ekstrak manggis mengalami peningkatan kesehatan periodontal. 

Beberapa manfaat lainnya dari kulit manggis seperti perlindungan dari reaksi alergi dan kondisi lain yang melibatkan peradangan. 

Senyawa xanthones manggis juga memblokir reseptor seluler untuk histamin dan serotonin, dua bahan kimia yang meminimalkan pembengkakan, kemerahan, nyeri atau gatal yang dapat berkembang selama terjadinya inflamasi .
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Fakta Medis Dibalik Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel