>

Usaha Perbanyakan Aglaonema Si Ratu Tanaman Hias Daun Yang Memiliki Omzet Besar

Usaha Perbanyakan Aglaonema Si Ratu Tanaman Hias Daun Yang Memiliki Omzet Besar
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Usaha Perbanyakan Aglaonema Si Ratu Tanaman Hias Daun Yang Memiliki Omzet Besar, mudah-mudahan isi postingan Artikel Pertanian, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Usaha Perbanyakan Aglaonema Si Ratu Tanaman Hias Daun Yang Memiliki Omzet Besar - Usaha pembudidayaan tanaman hias aglaonema, sebagai salah satu usaha yang dapat meningkatkan taraf hidup karena dapat  menambah penghasilan. 
Usaha Perbanyakan Aglaonema Si Ratu Tanaman Hias Daun Yang Memiliki Omzet Besar

Selain itu, teknik budidayanya terbilanglebih mudah dan manfaat yang dihasilkannya pun besar serta biaya yang dikeluarkan untuk usaha ini masih terbilang cukup murah dan tidak membutuhkan biaya besar dalam proses budidaya awalnya. Yuk mari kita lihat seperti apa teknik budidayanya :

Bahan dan Perlengkapan yang digunakan

  • Bahan :Bibit tanaman aglaonema
  • Perlengkapan :Ember, Kos Tangan, Sungkup, Polybag, Paku.

Penyediaan Media Tanam

Aglaonema memiliki preferensi terhadap jenis tanah yang lembab tapi tidak becek.  Aglaonema umumnya ditanam dalam pot dengan media tanah sekam bakar. 

Namun, Anda juga boleh mencoba media tanam yang lazim dipakai para pecinta aglaonema di Thailand, yaitu tanah sekam dicampur sedikit kompos daun dan tambahan choco chips.

Umumnya media yang digunakan terdiri dari komposisi sekam, tanah lempung, dan pasir malang dengan rasio perbandingan 2:2:1.  

Jika bibit Aglaonema yang Anda miliki masih sangat muda, maka tanamlah bibit tersebut dalam media tanah campuran sekam bakar, pasir malang, cocopeat, dan dolomite (rasio perbandingan 70:12,5:12,5:5).  Dolomite yang merupakan batuan pasir berfungsi sebagai penetralisir pH.  

Untuk siraman pertama, cobalah campuran air dengan hormon, bakterisida, dan fungisida.  Untuk siraman selanjutnya, silahkan gunakan air biasa.

Teknik Penanaman

Alat yang Anda butuhkan dalam menanam aglaonema adalah; sarung tangan karet, gunting tanaman, pot, media tanah, dan pupuk.  Sarung tangan karet dapat diganti dengan plastik.  

Penggunaan sarung tangan cukup penting karena getah Aglaonema dapat saja menyebabkan iritasi pada kulit sensitif.  

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum menanam Aglaonema tentu saja memilih bibit yang baik. Bibit aglaonema yang baik berupa tunas yang memiliki beberapa helai daun muda yang baru tumbuh.  

Pastikan warna tunas daun tersebut hijau muda segar, bukan hijau muda yang layu.  Jangan lupa juga periksa kondisi perakaran bibit muda Anda.

Jika akar bibit terlalu berantakan, tidak apa untuk memotong/ merapikannya dengan gunting tanaman. Langkah selanjutnya adalah membelah bibit menjadi empat bagian agar Anda memiliki banyak Aglaonema.  

Langkah ini opsional, tidak wajib, tapi jika Anda ingin melakukannya maka buat potongan membujur dari bagian batang ke arah akar, membagi dua bibit Anda. Kemudian, belah lagi tiap potongan sebelumnya sehingga Anda mendapatkan 4 belahan bibit.

Setiap belahan harus memiliki bagian batang dan bonggol yang seimbang.  Isi pot yang telah Anda sediakan dengan media dan pupuk dengan rasio 3:1, campur rata.  

Benamkan bibit Anda hingga hanya sedikit pucuk yang terlihat mencuat di permukaan tanah.  Siram bibit dengan air, hingga air mengalir dari lubang-lubag di bawah pot Anda.  

Pada minggu-minggu pertama, letakkan pot-pot tersebut di dalam rumah pada tempat yang teduh, misalnya pada ambang jendela.

Teknik Pemeliharaan

Tanaman aglaonema harus dirawat dengan baik dengan penyiraman teratur pagi dan sore. Tanahnya tidak boleh dibiarkan terlalu lembap ataupun mengering.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Usaha Perbanyakan Aglaonema Si Ratu Tanaman Hias Daun Yang Memiliki Omzet Besar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel