>

Tahapan Dalam Pemeliharaan Ayam Ras Petelur

Tahapan Dalam Pemeliharaan Ayam Ras Petelur
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Tahapan Dalam Pemeliharaan Ayam Ras Petelur, mudah-mudahan isi postingan Artikel Peternakan, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Tahapan Dalam Pemeliharaan Ayam Ras Petelur - Ayam ras petelur merupakan ayam betina dewasa yang dipelihara khusus untuk diambil telurnya. Pada umumnya asal mula ayam ras petelur adalah dari ayam hutan yang ditangkap dan dipelihara serta dapat bertelur cukup banyak.
Tahapan Dalam Pemeliharaan Ayam Ras Petelur

Secara umum ayam ras petelur dipelihara dengan tujuan untuk menghasilkan telur dan merupakan produk akhir ayam ras dan tidak boleh disilangkan kembali. Dalam hal ini, ayam ras petelur dipelihara pada beberapa tahapan pemeliharaan. Untuk lebih lanjut simak penjelasan berikut ini.

Periode Starter Ayam Ras Petelur

Pemeliharaan ayam ras petelur pada umumnya dibagi tiga fase pemeliharaan berdasarkan umur, yaitu fermulaan (starter), kedua (grower) dan ketiga (layer). 

Fase pemulaan berawal dari umur 0-8 minggu, dimana bentuk ukuran dan keseragaman sebagai tujuan bagi peternak ayam. 

Fase kedua berawal dari umur 8-20 minggu, ayam perlu dipelihara di bawah manajemen pakan yang terkontrol dengan sangat teliti, untuk menghindari ayam dari bobot badan yang tidak sesuai.

Fase ketiga berawal setelah ayam berumur 20 minggu, dalam fase ini ayam dituntut untuk mempercepat pertumbuhan untuk persediaan bagi perkembangan seksual dan untuk mencapai keseragaman bobot badan yang optimal. 

Fase pemeliharaan ayam ras petelur berdasarkan kebutuhan zat makanannya ada tiga, yaitu fase starter mulai umur 0-6 minggu, fase grower mulai umur 6-18 minggu dan fase layer di atas umur 18 minggu.

Fase Produksi Ayam Ras Petelur

Fase pertumbuhan pada jenis ayam ras petelur yaitu antara umur 6-14 minggu dan umur 14-20 minggu. Namun, pada umur 14-20 minggu pertumbuhannya sudah menurun dan sering disebut fase developer (perkembangan). 

Sehubung dengan hal ini maka pemindahan dari kandang starter ke kandang fase perumbuhan yaitu antara umur 6-8 minggu. 

Setelah ayam fase pertumbuhan mencapai umur 18 minggu, ayam ini sudah bisa dipindahkan ke kandang ayam ras petelur fase produksi.

Priode produksi ayam ras petelur terdiri dari dua priode yaitu fase pertama dari umur 22-42 minggu dengan rata-rata produksi terlur 78% dan bobot telur 56 gram, fase kedua umur 42-47 minggu dengan rata-rata produksi telur 72% dan bobot telur 60 gram.

Ayam dewasa kelamin pada umur 19 minggu dan ditandai dengan telur pertama. Pada prinsipnya produksi akan meningkat dengan cepat pada bulan-bulan pertama dan mencapai puncak produksi pada umur 7-8 bulan.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Tahapan Dalam Pemeliharaan Ayam Ras Petelur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel