>

Daun Ketela Pohon Sebagai Sumber Bahan Baku Pakan Ikan

Daun Ketela Pohon Sebagai Sumber Bahan Baku Pakan Ikan
Daun Ketela Pohon Sebagai Sumber Bahan Baku Pakan Ikan - Untuk budidaya ikan, daun ketela pohon berpotensi dikembangkan sebagai bahan baku pakan karena daun ini memiliki kandungan saponin dan flavonida yang bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan serta meningkatkan pencernaan ikan.
Daun Ketela Pohon Sebagai Sumber Bahan Baku Pakan Ikan

Dalam penggunaan daun ketela pohon bisa dibuat menjadi tepung terlebih dahulu sebagai bahan pakan ikan dan bisa digunakan tunggal atau dikombinasikan dengan jenis bahan baku lainnya yang berguna untuk meningkatkan nilai nutrisi.

Meskipun daun ketela memiliki nutrisi yang tinggi, namun daun ini juga memiliki keterbatasan untuk dijadikan sebagai pakan ikan, karena salah satunya memiliki kandungan serat kasar daun ketela pohon yang cukup tinggi yaitu sekitar 20% menyebabkan ikan kurang mampu mencerna daun tersebut.

Pada umumnya yang kita ketahui bahwa sistem pencernaan ikan itu relatif lebih sederhana dibandingkan hewan darat dimana hanya memiliki enzim pencernaan yang terbatas terutama enzim amylase dan selulas.

Selain serat kasar, daun ketela pohon juga memiliki kandungan sianida dalam jumlah cukup besar, meskipun demikian keberadaan zat kimia ini pada jumlah yang membahayakan terdapat pada ketela-ketela yang termasuk dalam ketela pohon beracun saja.

Dengan melalui proses percincangan, perendaman dan penggilingan yang benar kandungan asam sianida tersebut pada ketela pohon dapat diturunkan sampai batas cukup aman jika digunakan sebagai bahan baku pakan.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Daun Ketela Pohon Sebagai Sumber Bahan Baku Pakan Ikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel