>

Olahan Jamur Tiram Menjadi Tepung

Olahan Jamur Tiram Menjadi Tepung
Olahan Jamur Tiram Menjadi Tepung - Konsumsi jamur tiram dapat dilakukan dengan berbagai cara, tergantung selera dan tujuan dari konsumsi jamur yang dimaksud. Jamur tiram merupakan  salah satu tanaman yang diolah ke berbagai sajian makanan dan banyak digemari. 
Olahan Jamur Tiram Menjadi Tepung

Berbagai jenis olahan jamur tiram seperti dikonsumsi segar biasanya untuk lauk yang dicampur dengan daging, ikan atau sayuran lain. Ada pula yang dikeringkan dan apabila sewaktu-waktu ingin dimasak atau diolah kembali, jamur yang kering tersebut hanya perlu disiram dengan air panas. 

Pengolahan jamur tiram yang beragam ini, disebabkan harga jual jamur yang relatif murah dan dapat dijangkau. Pemanfaatan jamur tiram dalam waktu beberapa tahun terakhir ini yang banyak dilakukan adalah dengan mengkonsumsi secara langsung dengan melakukan pengolahan yang sederhana yang biasanya dimanfaatkan sebagai lauk dan sayuran. 

Pengolahan lainnya yang telah dikembangkan untuk memperpanjang umur simpan jamur tanpa mengurasi rasa dan kandungan gizi dilakukan dengan berbagai cara mengolah jamur tiram.

Untuk itu, bentuk awetan seperti pengalengan jamur, mengubah jamur dalam bentuk tepung (sebagai substitusi dalam pembuatan sosis, nugget, burger dan sebagainya), pengeringan jamur yang nantinya hanya perlu penyiraman dengan air panas apabila ingin dikonsumsi atau diolah lebih lanjut, membuat asinan jamur, membuat pasta jamur.

Tepung jamur tiram dapat diaplikasikan untuk olahan daging tiruan, nugget, sosis, dan flake. Pada olahan daging tiruan dengan substitusi tepung jamur tiram, daging tiruan yang dihasilkan tidak mengandung lemak hewani dan tidak mengandung kolesterol sehingga baik untuk kesehatan. 

Tekstur yang dapat dirasakan oleh selaput lendir mulut adalah butiran atau serabut yang menyerupai daging asli. Daging tiruan ini dapat dijadikan makanan alternatif yang baik bagi para vegetarian yang tidak dapat mengkonsumsi daging.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada bidang tata boga mengalami perkembangan pesat. Masyarakat mulai mengurangi makanan daging merah, namun berharap bisa mendapatkan gizi yang cukup. 

Salah satu alternatif makanan yang sekarang digemari di kalangan masyarakat adalah olahan makanan dari jamur khususnya jamur tiram karena memiliki kandungan nutrisi pada jamur juga terbilang lengkap. Selain kaya vitamin dan serat, jamur juga memiliki kandungan mineral seperti kalium, kalsium, natrium, fosfor, besi dan magnesium. 
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Olahan Jamur Tiram Menjadi Tepung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel