√ Tujuan dan Prinsip Pertanian Organik - Agribisnis Agrokompleks

Tujuan dan Prinsip Pertanian Organik

Tujuan dan Prinsip Pertanian Organik
Tujuan dan Prinsip Pertanian Organik - Tujuan utama pertanian organik adalah menyediakan produk-produk pertanian, terutama yang aman bagi kesehatan produsen dan konsumennya, serta tidak merusak lingkungan. 
Tujuan dan Prinsip Pertanian Organik

Tujuan pertanian organik dapat tercapai apabila didasari dengan prinsip-prinsip yang dapat bermanfaat bagi kelangsungan ekosistem. Prinsip ini merupakan sebuah visi untuk meningkatkan keseluruhan aspek pertanian secara global. 

Berdasarkan IFOAM (2005), terdapat empat prinsip yang harus digunakan agar pertanian organik dapat dilaksanakan dengan baik, diantaranya:

Prinsip Kesehatan

Pertanian organik yang dijalankan harus didasari prinsip untuk melestarikan dan meningkatkan kesehatan tanah, tanaman, hewan, manusia dan bumi sebagai satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan. Selain itu, baik dalam hal produksi, pengolahan, distribusi dan konsumsi, pertanian organik bertujuan untuk melestarikan dan meningkatkan kesehatan ekosistem dan organisme.

Prinsip Ekologi

Prinsip ekologi merupakan prinsip pertanian organik yang tahapan produksinya didasarkan pada proses daur ulang ekologis. Pertanian organik dapat mencapai keseimbangan ekologis melalui pola sistem pertanian, membangun habitat, pemeliharaan keragaman genetika dan pertanian.

Prinsip Keadilan

Prinsip keadilan dalam pertanian organik dimaksudkan bahwa, akan tercipta hubungan yang mampu menjamin keadilan terkait lingkungan dan kesempatan hidup bersama. Maka prinsip keadilan dalam pertanian organik ini diperlukan, agar pelaku yang terlibat dalam pertanian organik bisa membangun hubungan manusiawi, sehingga semua pihak seperti petani, pekerja, pemroses, penyalur, pedagang dan konsumen dapat merasakan keadilan.

Prinsip Perlindungan

Prinsip perlindungan dimaksudkan bahwa, pertanian organik harus dikelola secara hati-hati dan bertanggung jawab untuk melindungi kesehatan dan kesejahteraan semua generasi, baik generasi saat ini maupun yang akan datang.

Sumber :

[IFOAM] International Federations of Organic Agriculture Movements. 2005. Prinsip-prinsip Pertanian Organik. [internet]. [diunduh pada 2019 Feb 22]. Tersedia pada:  https://www.ifoam.bio/sites/default/files/poa_indonesian_ web.pdf
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Tujuan dan Prinsip Pertanian Organik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel