√ Perawatan dan Pemeliharaan Dalam Budidaya Ikan Bandeng - Agribisnis Agrokompleks

Perawatan dan Pemeliharaan Dalam Budidaya Ikan Bandeng

Perawatan dan Pemeliharaan Dalam Budidaya Ikan Bandeng
Perawatan dan Pemeliharaan Budidaya Ikan Bandeng - Budidaya ikan bandeng merupakan salah satu usaha yang sangat baik di lakukan karena salah satu jenis ikan air payau, yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. 
Perawatan dan Pemeliharaan Dalam Budidaya Ikan Bandeng

Namun jika kalian ingin melakukan budidaya ikan bandeng, kalian harus memperhatikan cara perawatan dan pemeliharaan karena tahapan ini sangat menentukan keberhasilan budidaya. Untuk itu kami akan memberikan informasi tentang bagaimana perawatan dan pemeliharaan dalam budidaya ikan bandeng.

Pemberian Pakan

Dalam pemberian pakan kalian harus memberikan jumlah pakan yang sesuai dengan jumlah ikan dan ukuran tubuhnya. Jumlah pakan yang terlampau sedikit akan membuat pertumbuhan ikan tidak optimal tetapi jika jumlah pakan yang diberikan sangat banyak juga bisa jadi kalian melakukan pemborosan pakan dan bisa menimbulkan penyakit karena sisa makan akan membusuk di dalam air kolam. Untuk itu jika melakukan pemberian pakan harus dilakukan dengan cara sebagai berikut :
  • Ketika benih baru dimasukkan, biarkan benih ikan memakan plankton yang ada di kolam.
  • Pelet halus baru diberikan ketika usia benih di dalam kolam telah 7 hari.
  • Untuk waktu pemberian pakan bisa diberikan dua kali setiap hari yaitu pada pagi hari dan sore hari.
  • Jika ukuran benih telah mencapai 7,5 sampai 10 cm, pelet atau pur dapat diberikan tanpat perlu dihaluskan.
  • Dosis pakan, pada tahap awal adalah 5?ri bobot ikan. Selanjutnya bertahap hingga mencapai 15% bobot ikan, ketika ikan telah dewasa.

Air Kolam 

Kualitas air kolam sangat berpengaruh terhadap kesehatan ikan. Lebih lanjut berpengaruh pada pertumbuhan ikan. Air kolam yang baik adalah yang cukup mengandung oksigen dan tidak kotor.

Air kolam yang berkualitas buruk dapat mengakibatkan ikan menjadi sakit dan berujung kematian. Ini akan membuat pekerjaan yang telah dipersiapkan cukup lama menjadi sia-sia. Kegagalan dalam budidaya ikan bandeng sama artinya dengan harus menanggung kerugian materi. Untuk itu kalian harus memperhatikan hal-hal berikut ini agar melakukan budidaya ikan bandeng berhasil :
  • Periksa setiap hari saluran air masuk dan air keluar. Pastikan saluran lancar.
  • Jika diperlukan, buat kincir air di kolam supaya kadar oksigen lebih terjamin.
  • Perhatikan ketinggian air. Jangan sampai kurang atau berlebih. Khususnya pada musim hujan, jangan sampai air meluap melewati dinding kolam. Sedangkan pada musim kemarau, jaga jangan sampai air kurang dari semestinya.

Itulah informasi tentang perawatan dan pemeliharaan dalam budidaya ikan bandengn yang baik dan benar agar hasil yang di dapatkan sesuai harapan dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Perawatan dan Pemeliharaan Dalam Budidaya Ikan Bandeng"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel