√ Pemijahan Ikan Lele Dumbo dengan Rangsangan Karper - Agribisnis Agrokompleks

Pemijahan Ikan Lele Dumbo dengan Rangsangan Karper

Pemijahan Ikan Lele Dumbo dengan Rangsangan Karper
Pemijahan Ikan Lele Dumbo dengan Rangsangan Karper - Pemijahan dengan rangsangan ikan karper (ikan mas) dilakukan dengan cara mencampur dalam satu kolam indukan lele dumbo yang akan dipijahkan dengan indukan karper yang juga siap pijah. 
Pemijahan Ikan Lele Dumbo dengan Rangsangan Karper

Namun, indukan lele dumbo dan indukan karper tetap dipisahkan dalam ruang-ruang bersekat. Tujuan pencampuran ini adalah merangsang indukan lele dumbo agar segera melakukan pemijahan saat melihat indukan karper yang sedang memijah.

Dalam melakukan pemijahan ikan lele dumbo dengan rangsangan ikan karper, berikut langkah-langkah yang harus di perharikan agar pemijahan dengan rangsangan karper dapat berhasil.

Pertama kali yang kalian siapkan yaitu kolam pemijahan berukuran 10 x 5 m, dengan tinggi 1 meter, kemudian buat hapa yakni dengan ruangan kecil berbentuk kotak sebagai tempat pemijahan indukan lele dumbo.

Untuk ukuran hapa kalian bisa menggunakan 2 x 1 meter dan di sekeliling hapa tersebut dibatasi dengan kain tipis berwarna putih, selanjutnya  masukkan kakaban dari anyaman ijuk kedalam hapa.

Setelah itu, kalian isi kolam dengan air kira-kira setinggi 40-60 cm dan dengan sendirinya hapa juga akan terisi air dengan ketinggian yang sama, aliran air dengan debit 2 -3  liter/detik kemudian buka saluran pembuangan untuk menjaga ketinggian air didalam kolam tetap stabil.

Setelah air sudah mengisi, masukkan indukan lele dumbo kedalam hapa, untuk dalam satu hapa hanya boleh dimasukkan satu induk jantan dan satu induk betina dan setelah menjelang sore, 2 -3 pasang indukan karper yang sudah matang telur dan matang sperma dimasukkan kedalam kolam dan kalian pasangan indukan karper ditempatkan di luar hapa.

Setelah malam harinya,saat melihat indukan karper memijah, indukan lele dumbo biasanya akan terangsang dan ikut melakukan pemijahan juga. Induk jantan yang terangsang melihat proses pijah karper akan semakin banyak mengeluarkan sperma sehingga jumlah telur yang akan dibuat juga akan semakin banyak.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Pemijahan Ikan Lele Dumbo dengan Rangsangan Karper"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel