Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penerapan Teknologi Dalam Meningkatkan Produksi Pertanian

Penerapan Teknologi Dalam Meningkatkan Produksi Pertanian - Keberhasilan penerapan teknologi baru dalam meningkatkan produksi pertanian, ditentukan atas beberapa  unsur yang saling tunjang menunjang. 

Penerapan Teknologi Dalam Meningkatkan Produksi Pertanian

Untuk itu kami akan memberikan informasi tentang faktor yang menunjang penerapan teknologi dalam meningkatkan produksi pertanian. 

Modal

Modal merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam produksi pertanian dalam sistem agribisnis terdiri dari tiga sektor yang saling tergantung secara ekonomis yaitu sektor masukan (input), produksi (farm) dan keluaran (output). Modal merupakan salah satu faktor produksi yang termasuk dalam sektor masukan.

Untuk menunjang dalam produksi pertanian modal juga sangat berperan penting setelah tanah, modal dalam usahatani satu-satunya milik petani biasanya tanah disamping tenaga kerja yang dinilai murah. 

Namun, dalam ekonomi pertanian disebutkan pula modal adalah barang atau uang yang bersama-sama faktor produksi tanah dan tenaga kerja menghasilkan barang-barang baru atau komoditi pertanian.

Karena itu modal sangat dibutuhkan untuk meningkatkan produksi pertanian karena untuk kebutuhan berupa barang di luar tanah adalah ternak beserta kandangnya, cangkul, bajak, dan alat-alat pertanian lain, bibit, pupuk dan hasil panen yang belum dijual, tanaman yang masih di sawah dan lainnya.

Penggunaan Bibit Unggul

Suatu varietas padi yang memiliki sifat-sifat unggul dan mempunyai daya tahan tinggi, aman pendek respon terhadap pemupukan, tahan terhadap hama dan penyakit tanaman serta cocok dengan ekologi setempat. 

Varietas unggul potensi tinggi atau varietas unggul baru dalam varietas yang memiliki sifat-sifat berumur pendek yakni 110-145 hari, potensi beranak tinggi, berdaun tegak sehingga dapat menampung sinar matahari sebanyak-banyaknya.

Dari sifat-sifat tersebut di atas jelaslah bahwa varietas unggul merupakan suatu persyaratan pertanian secara intensifikasi yang harus diketahui oleh setiap petani utamanya petani padi dalam meningkatkan produksi, sebab disamping keberhasilan pemakaian bibit unggul ini, maka petani harus pula mempunyai pengetahuan tentang cara pemberian air selama masa persiapan sampai panen.

Penggunaan Pupuk

Karena tanah terus menerus ditanami, dengan sendirinya unsur hara dalam tanah yang di perlukan oleh tanaman semakin lama semakin berkurang. 

Untuk pengambilan unsur hara tersebut agar dapat menjamin tumbuhnya tanaman dengan baik diperlukan pemupukan. 

Pemupukan adalah pemberian pupuk dalam tanah, memberikan makanan kepada tanaman dengan maksud menambah unsur hara dalam tanah. 

Sebagaimana diketahui bahwa tanaman memerlukan tiga unsur pokok sebagai penunjang kelanjutan hidupnya agar tumbuh dan berkembang dengan baik, yaitu: Nitrogen, Fospat, dan Kalsim. Pemupukan harus di perhatikan dalam pemberian pupuk adalah waktu dan dosis yang digunakan.

Post a Comment for "Penerapan Teknologi Dalam Meningkatkan Produksi Pertanian"