√ Hasil Olahan Padi Yang Dijadikan Bahan Pakan Ternak - Agribisnis Agrokompleks

Hasil Olahan Padi Yang Dijadikan Bahan Pakan Ternak

Hasil Olahan Padi Yang Dijadikan Bahan Pakan Ternak
Hasil Olahan Padi Jadi Bahan Pakan Ternak - Bagian tanaman padi selain beras dan dedak yang merupakan unsur utama, namun ada juga beberapa bagian yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan dan pakan ternak. Bagian tersebut yaitu jerami padi, gabah kering, nasi aking bahkan kulit ari. Padi mempunyai komposisi, 70-72% endosperma, 20% sekam padi, 7-8.5% dedak padi, dan 2-3% embrio (bekatul).
Hasil Olahan Padi Jadi Bahan Pakan Ternak

Pada umumnya peternak biasanya menggunakan jerami padi sebagai pakan ternaknya hanya diberikan langsung saja kepada ternak. Padahal jika hanya diberikan langsung ke ternak tidak mencukupi kebutuhan nutrisi pada ternak karena kandungan nutrisinya yang rendah.

Jerami padi juga termasuk pakan hijauan yang sulit dicerna karena kandungan serat kasarnya yang tinggi sekali, daya cerna yang sangat rendah tersebut disebabkan oleh struktur jaringan jerami yang sudah tua. Jaringan-jaringan pada jerami telah mengalami proses lignifikasi (pengerasan) sehingga terbentuk ligninselulosa dan lignohemiselulosa.

Selain jaringan jerami mengalami proses lignifikasi, yang mengakibatkan rendahnya daya cerna ternak terhadap jerami karena disebabkan oleh tingginya kandungan silikat. 

Proses lignifikasi dan kandungan silifikasi tersebut bersama-sama mempengaruhi rendahnya daya cerna jerami padi. Selain itu jerami padi juga mengalami rendahnya protein kasar dan mineral yang membawa efek langsung sehingga  jerami padi sulit dicerna kalau hanya diberikan secara tunggal untuk pakan ternak.

Berdasarkan hal tersebut karena jerami padi memiliki kandungan nutrisi yang rendah dan ternak juga sangat sulit untuk mencerna jerami padi maka pemanfaatan jerami padi untuk pakan ternak perlu diefektifkan. 

Biasanya dengan Hal ini bisa dilakukan dengan cara penambahan suplemen atau bahan tambahan lain agar kelengkapan nilai nutrisinya dapat memenuhi kebutuhan hidup ternak secara lengkap sekaligus meningkatkan daya cerna pakan.

Dalam melakukan penambahan suplemen tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan starbio atau urea atau pakan tambahan lainnya seperti pada urea karena urea ini dapat memperbaiki nilai gizi jerami padi. Dengan melakukan pemberian sedikit urea pada jerami padi sehingga dapat meningkatkan kandungan nitrogen pada jerami, jumlah jerami yang dikonsumsi, dan daya cerna jerami. 

Urea yang masuk rumen dihidrolisa/dipecah dengan cepat oleh enzim urease dan mikroba rumen menjadi amonia. Amonia tersebut akan digunakan oleh mikroba rumen untuk aktivitas sintesis protein sehingga bisa membuat jerami padi menjadi lebih baik untuk dikonsumsi dan daya cernanya yang tinggi. 
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Hasil Olahan Padi Yang Dijadikan Bahan Pakan Ternak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel