√ Hasil Olahan Kedelai Bisa Dijadikan Bahan Pakan Ternak - Agribisnis Agrokompleks

Hasil Olahan Kedelai Bisa Dijadikan Bahan Pakan Ternak

Hasil Olahan Kedelai Bisa Dijadikan Bahan Pakan Ternak
Hasil Olahan Kedelai Jadi Bahan Pakan Ternak - Kedelai merupakan salah satu tanaman yang terbuat dari bahan baku makanan seperti kecap, tahu dan tempe. Selain itu kedelai juga memiliki sumber utama protein nabati dan minyak nabati. Namun, selain bisa dijadikan olahan bahan makanan, hasil limbahnya juga dapat dijadikan pakan ternak. Nah, berikut ini kami akan memberikan informasi tentang hasil olahan kedelai yang bisa dijadikan bahan pakan ternak.
Hasil Olahan Kedelai Bisa Dijadikan Bahan Pakan Ternak

Bungkil Kedelai

Bungkil kedelai merupakan sisa hasil olahan dari industri minyak biji kedelai dan bungkil ini sangat disukai oleh ternak. Namun dalam pemberian sebagai pakan ternak kalian harus perlu memperhatikan dalam penggunaannya karena bungkil kedelai masih memiliki zat penghambat trypsin yang diproduksi dengan pemakaian suhu yang rendah.

Ampas Kecap

Bahan baku untuk membuat kecap adalah biji kedelai, dalam membuat kecap dari biji kedelai ampas yang dihasilkan bisa mencapai 59.7% dari bahan baku kedelai. Dalam pemberian pakan untuk ternak ampas kecap juga cukup disukai oleh ternak. 

Untuk nutrisi pada ampas kecap ini sama dengan kedelai karena ampas kecap itu sendiri berasal dari hasil limbah dari olahan kedelai, hanya saja konsentrasinya lebih sedikit karena telah mengalami pengolahan. 

Pada umumnya ampas kecap tidak mempunyai sifat pencahar, tetapi perlakuan yang tidak baik terhadap ampas kecap khususnya ampas kecap segar dapat mengakibatkan  tumbuhnya jamur yang selanjutnya dapat mengakibatkan menurunnya nilai nutrisi ampas tersebut.

Ampas kecap itu sendiri masih mempunyai nilai gizi yang baik, oleh karena itu dibeberapa daerah ampas kecap masih digunakan jadi makanan untuk manusia karena mmpas kecap memiliki kandungan protein sekitar 21-34% tergantung jika proses pengolahan dan kualitas bahan baku yang digunakan.

Ampas Tahu

Ampas tahu merupakan hasil ikutan dari pabrik tahu yang jumlahnya bervariasi tergantung dari proses pembuatan dan dalam pembuatannya bisa menghasilkan sekitar 25%-67% dengan jumlah rata-rata adalah 39.2%, dalam pemberian untuk pakan ternak ampas tahu juga ini cukup disukai ternak terutama yang masih segar.

Ampas tahu berasal dari kedelai dan oleh karena itu  anti nutrisi yang terdapat pada ampas tahu adalah sama dengan kedelai hanya konsentrasinya lebih sedikit karena telah mengalami pengolahan dan ampas tahu tidak mempunyai sifat pencahar. 

Namun dalam mendapatkan ampas tahu yang segar harus bisa melakukan penanganan sebaik mungkin karena jika penanganan yang tidak baik terhadap ampas tahu segar dapat mengakibatkan penurunan nilai nutrisi dan juga menurunkan palatabilitas.

Itulah informasi tentang hasil olahan kedelai bisa dijadikan bahan pakan ternak, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Hasil Olahan Kedelai Bisa Dijadikan Bahan Pakan Ternak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel