√ Pemeliharaan Tanaman Porang yang Baik dan Benar - Agribisnis Agrokompleks

Pemeliharaan Tanaman Porang yang Baik dan Benar

Pemeliharaan Tanaman Porang yang Baik dan Benar
Pemeliharaan Tanaman Porang - Porang atau Amorphophallus muelleri  merupakan salah satu jenis tanaman yang disebut iles-iles, kalian biasa temukan tanaman ini tumbuh dalam hutan, tanaman ini juga biasanya disebut tumbuhan semak (herba) yang berumbi di dalam tanah. 
Pemeliharaan Tanaman Porang yang Baik dan Benar

Akhir-akhir ini banyak yang sudah membudidayakan tanaman porang karena umbi porang yang dihasilkan berpotensi memiliki nilai ekonomis yang tinggi, tanaman porang memiliki manfaat yang sangat banyak baik itu untuk kesehatan yang mengandung glukomanan dan dapat dengan mudah diolah menjadi bahan pangan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Dalam melakukan budidaya tanaman porang kalian juga harus memerlukan pemeliharaan secara khusus untuk mendapatkan hasil pertumbuhan dan produksi yang maksimal, nah berikut ini kami akan memberikan informasi tentang cara pemeliharaan tanaman porang yang baik dan benar.

Penyiangan

Untuk pertama kali yang kalian lakukan dalam pemeliharaan tanaman porang adalah dengan melakukan penyiangan. Penyiangan yang dimaksudkan disni dilakukan dengan membersihkan gulma yang berupa rumput liar yang dapat menjadi pesaing tanaman porang dalam hal kebutuhan air dan unsur hara. 

Sebaiknya kalian lakukan sebulan setelah umbi porang ditanam. Setelah itu penyiangan berikutnya dapat kalian lakukan saat gulma muncul, gulma yang terkumpul ditimbun dalam sebuah lubang agar membusuk dan menjadi kompos.

Pemupukan

Pada saat pertama kali ditanam, dilakukan pemupukan dasar. Untuk pemupukan berikutnya dapat dilakukan setahun sekali (awal musim hujan). Jenis pupuk adalah pupuk urea 10 gram/lubang dan SP 36 sebanyak 5 gram/lubang. Kalian bisa melakukan pemberian pupuk di sekitar batang tanaman porang.

Pengamanan Pohon Pelindung

Pada umumnya tanaman porang merupakan tanaman yang butuh naungan karena habitatnya tumbuh di daerah hutan. Dalam hal ini jika kalian ingin melakukan budidaya tanaman porang kalian perlu melakukan penanaman dan pemeliharaan terhadap pohon pelindung agar pohon pelindung dan tanaman porang dapat tumbuh dengan baik.

Itulah informasi tentang pemeliharaan tanaman porang yang baik dan benar agar hasil yang di dapatkan sesuai harapan dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Pemeliharaan Tanaman Porang yang Baik dan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel