√ Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Di Halaman Rumah - Agribisnis Agrokompleks

Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Di Halaman Rumah

Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Di Halaman Rumah
Penghasilan Tambahan Halaman Rumah - Dengan semakin bertambahnya kebutuhan hidup, terkadang penghasilan dari pekerjaan utama saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Nah, jika kalian memiliki halaman rumah dan cukup luas, kalian bisa mendapatkan penghasilan tambahan di halaman rumah kalian.
Penghasilan Tambahan Di Halaman Rumah

Tinggal bagaimana usaha dan kemauan dalam memanfaatkan halaman tersebut. Selain mendapatkan penghasilan tambahan, pemanfaatan lahan dihalaman rumah juga bisa menjadi aktivitas tersendiri, bahkan bisa dijadikan sebuah hobi.

Sebenarnya, ada berbagai macam jenis usaha yag bisa kalian manfaatkan di halaman rumah guna untuk menambah penghasilan untuk kebutuhan sehari-hari. Seperti, dengan beternak, budidaya sayuran dan buah-buahan.

Jika kalian ingin melakukan aktifitas di halaman rumah kalian, berikut kami akan memberikan informasi tentang cara mendapatkan penghasilan tambahan di halaman rumah,

Beternak 

Ternak dalam hal ini yaitu bagaimana memanfaatkan halaman rumah untuk menciptakan ternak dalam skala kecil ataupun ternak sederhana. Di sebagian halaman rumah, biasanya kita temukan sebagian masyarakat memanfaakan lahan pekarangannya untuk  ternak ayam, itik ataupun ikan.

Mayoritas di pedesaan, sebagian besar masyarakat menggunakan lahannya buat memelihara ayam serta itik. Beternak ayam kampung dikira sangat gampang serta tidak menghasilkan biaya yang banayk banyak.

Pemberian pakan ayam kampung juga sangat mudah dengan cara pemberian makan 2 kali dalam satu hari. Makanannya dapat berbentuk nasi dicampur ataupun bekatul. Jenis pakan yang diberikan ini masih banyak disekitar rumah kalian.

Bila kita tekun dan menjadikan ternak ayam kampung menjadi hob kalian bisa mengumpulkan sisa-sisa nasi untuk pemerian pakan. Mungkin ini bisa menjadi tips buat kalian. Tiap pagi, kalian bisa menyediakan ember di sebuah warung makan dan memberitahu ke penjualnya bahwa sisa nasi bisa ditaruh ke ember tersebut dan siangnya kalian bisa ambil.

Untuk menambah nutrisi lebih bagi ayam, kalian bisa campurkan dengan bekatul yang diaduk dan diolah dengan air hangat. Ayam kampung pun pasti akan lahap memakannya. Ayam kampung tidak hanya memiliki nilai jual dari dagingnya saja. 

Tetapi telurnya juga banyak diburu masyarakat, karena kaya akan manfaat. Meski bentuknya lebih kecil dari telur ayam luar, tetapi harga telur ayam kampung sedikit lebih mahal, wah lumayan bukan?

Budidaya Buah-Buahan 

Halaman rumah bisa saja kita tanami buah-buahan, seperti pohon mangga, jambu atau pohon pisang, rambutan dan masih banyak lagi yang bisa kalian tanam di halaman rumah. Tetapi dalam hal ini yang jadi rekomendasi dari kami adalah pohon pisang karena bisa bernilai ekonomis.

Beberapa jenis pohon pisang yang ditanam, di antaranya adalah pisang klutuk, pisang kepok, pisang raja, pisang susu, dan jenis pisang lainnya. Pisang klutuk masih banyak kita jumpai di sebagian besar pekarangan warga karena juga memiliki nilai ekonomis, yakni dari daunnya.

Selain buahnya daun pisang klutuk juga sering digunakan para pengrajin makanan untuk pembungkus kue. Tiap daun pisang umumnya laku dijual seharga ratusan rupiah. Sedangkan tiap pohon bisa diambil 3-5 daun. Coba kalian bisa bayangkan, jika mempunyai 10-20 pohon pisang saja, sudah bisa menambah penghasilan kalian.

Jenis pisang lainnya yang bisa menambah penghasilan yaitu pisang kepok dan pisang susu. Pisang kepok merupakan salah satu pisang yang banyak digunakan untuk beragam makanan, seperti pisang goreng, kolak pisang, keripik dan lainnya.

Satu sisir buah pisang, bisa laku sekitar seribuan per sisirnya, sedangkan tiap panen, per tandannya tiap satu pohon bisa berkisar antara 50-80 sisir. Lumayan bukan? Apalagi kalau di halaman rumah kita ada 5-10 pisang gepeng, tiap bulan bisa bergantian kita memanennya.

Pisang lain yang memiliki nilai jual cukup lumayan yakni pisang susu. Selain bentuk dan rasanya yang mantap, pisang susu juga bernilai cukup lumayan. Di pasaran bisa laku, sekitar 2000 per sisirnya. Tiap panen, per tandannya bisa mencapai 40-80 sisir.

Budidaya Sayuran dan Rempah-Rempah

Dengan tersedianya beragam sayuran dan rempah-rempah di halaman rumah, kita tidak usah susah mencari bahan-bahan tersebut di pasaran.

Nah, itulah beberapa informasi tentang cara mendapatkan penghasilan tambahan di halaman rumah semoga bisa menjadi inspirasi untuk kalian, selamat mencoba..!!
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Di Halaman Rumah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel