Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal

Budidaya Ikan Gurame - Pada umumnya budidaya ikan gurame dikolam terpal semakin diminati oleh masyarakat untuk saat ini, hal yang paling terutama bagi mereka yang tidak mempunyai lahan kosong yang terbilang minim sumber air.

Budidaya ikan gurame kolam terpal

Bila awalnya dalam membudidayakan ikan gurame dilakukan di empang maupun di kolam yang terdapat aliran air, saat ini ikan gurame dapat dibudidayakan di kolam terpal. 

Bahkan untuk kolam terpal yang digunakan tidak perlu yang luas yang penting didesain baik sesuai dengan kapasitas populasi ikan gurame.

Untuk modal yang akan dibutuhkan dalam budidaya ikan gurame kolam terpal juga lebih hemat bila dibanding dengan membuat kolam beton. Selain itu kolam terpal juga sangat mudah dibongkar pasang apabila nanti sudah tidak akan digunakan lagi.

Berikut tahapan cara budidaya ikan gurame di kolam terpal yang baik dan benar agar mendapatkan keuntungan yang maksimal,

Proses Membuat Media Kolam

Untuk media ternak yang akan digunakan untuk membuat kolam ialah plastik atau juga terpal, kita dapat membeli terpal di toko alat pertanian dengan harga bervariatif. 

Apabila anda tidak ingin menggunakan terpal maka dapat diganti dengan menggunakan plastic yang transparan yang memiliki ukuran panjang dan lebarnya hampir sama seperti terpal.

Selain terpal atau plastik untuk ternak ikan gurame di kolam terpal juga membutuhkan batu bata merah yang akan digunakan sebagai tembok penopang dengan ketinggian maksimal panjang 4 meter, lebar 2 meter dan ketinggian 1 meter.

Untuk tahap awal yang dilakukan yakni dengan membuat tembok dari susunan batu bata merah, setelah tersusun rapi kemudian letakkan terpal atau plastic dibagian dinding dalam dan lantai dasar kolam.

Teknik Pengisian Air Kolam

Langkah selanjutnya setelah membuat kolam selesai dilakukan, berikutnya ialah mengisi kolam dengan air kurang labih dengan ketinggian air 50-75 cm.

Hal ini bertujuan agar ikan tidak dapat mudah melompat atau saat hujan tidak akan meluap setelah kolam terisi air proses ternak ikan gurame dikolam terpal belum dapat ditempati ikan gurame, tetapi kolam yang berisi air tersebut harus didiamkan kurang lebih 1 minggu.

Setelah itu baru kolam ditebari benih ikan gurame yang sudah berusia 2 bulan karena sudah mampu bertahan di cuaca dan suhu kolam terpal.

Takaran Jumlah Benih

Untuk ukuran kolam yang sudah dijelaskan sebelumnya dapat digunakan untuk ternak gurame kurang lebih 200 ekor, hal ini bertujuan agar populasi ikan saat semakin besar tidak berlebihan. 

Selain itu selama berternak ikan gurame di kolam terpal harus rutin diberi pakan pada waktu pagi dan sore harinya.

Untuk mengurangi efek panas matahari anda dapat menambahkan eceng gondok sehingga pada suhu air tidak terlalu berlebihan. Sedangkan untuk perawatan yang diperlukan antara lain dengan membuat saringan air seperti dalam aquarium, karena jenis ikan ini sangat membutuhkan oksigen yang baik dan air yang bersih.

Dalam setiap 2 minggu sekali air diberi sanitizer hal ini bertujuan untuk membunuh bibit penyakit didalam kolam terpal. 

Dalam proses ini apabila diterapkan dengan baik, maka budidaya dan ternak gurame dalam metode menggunakan kolam terpal dapat menghasilkan panen yang baik.

Bahkan perhitungan keuntungan yang didapat dapat lebih besar dibanding metode lainnya. Dalam hitungan kurang lebih 4 bulan, ikan budidaya gurame kolam terpal dapat dipanen dan siap disetorkan ke tengkulak atau distributor ikan air tawar untuk disalurkan ke berbagai kota.

Itulah informasi tentang cara budidaya ikan gurame di kolam terpal mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !

2 comments for "Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal"