Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Ternak Burung Parkit dan Tips Agar Menjadi Jinak

Cara Ternak Burung Parkit dan Tips Agar Menjadi Jinak - Dengan memelihara burung yang merupakan salah satu pilihan hobi yang dapat dilakukan di waktu senggang, namun hal ini apabila ditekunin dengan lebih baik maka hobi memelihara burung bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang bisa mendatangkan pundi-pundi uang yang banyak.

Cara Ternak Burung Parkit dan Tips Agar Menjadi Jinak

Salah satu jenis burung peliharaan yang bisa menjadi pilihan ialah burung parkit. Mungkin anda berfikiran bahwa dengan berternak burung parkit ialah pekerjaan yang begitu sulit.

Ternyata bila kita mengetahui trik dan cara yang benar untuk memelihara burung parkit, kita bisa mengembangbiakkan burung tersebut dengan mudah.

Terlepas dari apakah anda merasa ternak burung berkicau satu ini sulit atau tidak, yang jelas peluang usaha berternak burung parkit sangat menguntungkan.

Selain dengan kicauannya yang indah burung satu ini juga memiliki bulu dan warna yang oke juga,  karena itu kebanyakan orang sudah berminat untuk mengawinkan burung ini.

Bahkan ada juga yang mencoba untuk menyilangkan warna burung satu dengan yang lainnya agar bisa mendapatkan warna burung anak yang indah dan unik lantas bagaimana cara ternak burung parkit ini? berikut ini cara ternak parkit yang mudah dan menguntungkan serta tips agar menjadi jinak,

Pemilihan Induk

Hal yang pertama ialah pemilihan indukan, bagaimana anda dapat membedakan induk jantan dan betina dan memilih induk yang terbaik untuk dikawinkan berikut ini cirinya.

Pertama induk betina ; normalnya memiliki ciri-ciri ( daerah dekat paruh ) yang berwarna kecokkelatan atau ungu, usia induk lebih dari 5 bulan dan saat ingin kawin cirinya berwarna keputihan.

Kedua induk jantan ; normalnya memiliki ciri berwarna biru muda atau biru tua ( warna dasar biru ), bila waktunya kawin ciri terlihat mengkilap dengan warna dasar biru serta usia burung induk jantan harus lebih dari 5 bulan.

Anda dapat menyilangkan dua warna bulu berbeda dari induk jantan dan induk betina agar bisa dihasilkan anak parkit yang mempunyai warna bulu yang unik.

Kandang yang Baik

Untuk jenis kandang burung parkit ada 3 macam yakni :
  • Kandang untuk parkit sepasang.
  • Kandang yang digunakan untuk beberapa parkit.
  • Kandang yang besar.

Untuk pemula kandang untuk sepasang lebih disarankan karena lebih mudah perwatannya dan akan membantu anda dalam cara ternak parkit yang mudah ini.

Pemberian Pakan

Memiliki kandungan nutrisi hal yang paling penting dalam pemberian pakan pada burung parkit selain jumlahnya yang juga harus dicukupi jenis makanan yang cocok untuk burung ini ialah biji-bijian

Anda bisa memilih jenis pakan seperti beras merah dan jagung muda atau sebagai kombinasi anda bisa memberi pakan seperti sawi, kangkung, pisang, kecambah, dan sayur atau buah lainnya.

Tempat Untuk Bertelur

Tempat bertelur bagi burung parkit dibuat dari serabut kelapa anda bisa membuatnya dari dedaunan kering.

Tips Agar Parkit Anda Jinak

Tidak semua orang bisa menangani parkit dengan mudah anda perlu menjinakkannya dulu sebelum memulai menernaknya, cara menjinakkan burung satu ini bisa dilakukan denga cara :
  • Mandikan burung caranya dengan mengusapkan air ke sekujur tubuhnya menggunakan tangan dengan cara yang lembut.
  • Letakkan perkit yang sudah dimandikan ditelunjuk anda agar bertengger.
  • Beri makan secara langsung saat ia terbiasa bertengger di jari telunjuk anda.

Itulah informasi tentang cara ternak burung parkit dan tipsnya agar menjadi jinak mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !

Post a Comment for "Cara Ternak Burung Parkit dan Tips Agar Menjadi Jinak"