Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pakan Ikan Channa yang Baik Untuk Kesehatan

Pakan Ikan Channa - Ikan channa belakangan ini cukup banyak diburu oleh para kolektor ikan hias. Untuk yang belum tahu, ikan channa sendiri merupakan ikan gabus hias yang memiliki bentuk dan warna yang unik sehingga menarik perhatian.

Pakan Ikan Channa yang Baik Untuk Kesehatan

Untuk harganya sendiri bisa mencapai puluhan juta rupiah, tergantung pada kualitas ikan tersebut. Pada umumnya, ikan channa umur ikan channa dapat bertahan hingga 15 tahun asalkan dirawat dengan benar. 

Dalam perawatannya, pakan adalah hal sangat penting untuk ikan Channa karena sangat mempengaruhi pertumbuhan serta perkembangan tubuhnya. 

Tapi dari sekian banyak opsi pakan untuk ikan channa, ada beberapa diantarnaya yang dipercaya bisa membuat ikan Channa jadi lebih bergizi, sehat, cerah, berwarna, galak, dan aktif.

Beberapa diantaranya bahkan memang digunakan para master ikan Channa untuk membuatnya jadi makin bagus. Berikut beberapa jenis pakan yang bisa kalian berikan pada ikan channa.

Pelet

Pellet ini merupakan salah satu jenis makanan ikan yang cocok untuk pakan ikan channa. Selain karena pellet ini telah dilengkapi dengan vitamin, nutrisi, protein, dan kandungan lain yang memang dibutuhkan oleh ikan channa, pemberian pakan pellet ini pun juga cukup praktis. 

Ada berbagai varian dan jenis serta merk pakan pellet ini, Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Untuk harga pellet ini sendiri sangat bervariatif, biasanya hanya berkisar antara belasan hingga puluhan ribu rupiah.

Maggot

Maggot sendiri merupakan larva dari lalat hitam besar. Maggot ini memiliki tingkat protein yang baik untuk pertumbuhan ikan channa. 

Pemberian pakan Maggot ini sangat direkomendasikan oleh para kolektor ikan channa lantaran termasuk salah satu jenis pakan eksklusif.

Udang

Udang merupakan salah satu makanan ikan channa di habitat aslinya. Cara pemberiannya yaitu dengan memotong udang segar menjadi beberapa bagian lalu memberikannya pada ikan channa. 

Jika tidak bisa memberikan udang segar, kalian juga bisa memberikan udang kering kemasan yang tersedia di pasaran. 

Pemberian udang ini dipercaya dapat membuat warna ikan channa jadi lebih cantik dan mempercepat pertumbuhannya.

Cacing Sutra

Pemberian pakan cacing Sutra ini dapat melancarkan pencernaan ikan channa lantaran memiliki serat dan juga kandungan mineral yang tinggi. Selain itu, cacing sutra juga mengandung protein, lemak, dan juga nutrisi yang baik.

Jangkrik

Jangkrik juga merupakan salah satu pakan ikan channa yang cukup direkomendasikan. Pilihlah jangkrik yang masih muda dan lebih baik juga kalau bisa memberikannya dalam kondisi hidup. Tujuannya adalah untuk melihat keaktifan ikan tersebut saat berburu makanan.

Cacing Tanah

Cacing tanah sendiri merupakan salah satu pakan ikan channa yang cukup direkomendasikan. Cacing tanah memiliki kemampuan penyembuhan yang baik. Pemberian cacing tanah dapat merangsang kecepatan penyembuhan luka-luka pada ikan dengan cepat.

Ikan-Ikan Kecil

Untuk ikan channa yang memiliki ukuran besar bisa memberinya makan berupa ikan-ikan kecil karena selain memiliki kandungan protein yang cukup baik untuk membantu pertumbuhan ikan channa. Pakan ikan kecil juga dapat memberikan dapat melatih insting berburu ikan channa.

Itulah informasi tentang pakan ikan channa yang baik untuk kesehatan, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !

Post a Comment for "Pakan Ikan Channa yang Baik Untuk Kesehatan"