Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Usaha Ternak Dengan Modal Kecil

Usaha Ternak Dengan Modal Kecil - Memulai usaha ternak banyak dipilih karena bisa menjadi solusi ekonomi yang menjanjikan. Sebagai hewan yang secara sengaja dikembangbiakkan, usaha ternak bisa jadi peluang menjanjikan. Selain sifatnya yang berkesinambungan, usaha ternak juga tidak selalu membutuhkan modal besar.

Jenis Usaha Ternak Dengan Modal Kecil

Jika selama ini anda berpikir bahwa membuka usaha ternak butuh biaya besar, namun ada banyak usaha ternak dengan modal kecil yang bisa menghasilkan pendapatan secara maksimal.

Meski bisa memulai usaha ternak dengan modal kecil, bukan berarti anda bisa menjalankannya dengan mudah. Ada berbagai risiko yang mungkin terjadi jika anda tidak melakukan pemeliharaan hewan ternak secara tepat. Nah, berikut usaha ternak dengan modal kecil yang bisa kamu jalankan.

Ternak Itik

Itik merupakan salah satu jenis unggas yang cukup sering dikonsumsi dan dipasarkan. Dalam memulai beternak itik, langkah pertama yang harus diambil adalah membeli sepasang itik jantan dan betina untuk dikembangbiakan.

Satu induk betina dapat bertelur mencapai puluhan biji dan harga jual itik anakan atau bibit bebek mencapai Rp.10.000 per ekor. 

Sedangkan bila itik sudah dewasa dan dijual dalam bentukan karkas (sudah dipotong dan dibersihkan bulunya) mencapai harga Rp.40.000-Rp.60.000 per kilo. 

Bayangkan dengan modal kecil yaitu membeli sepasang ekor itik saja omzet maksimal yang didapat dari modal awal mencapai 2 kali lipat.

Ternak Ayam Kampung

Ayam kampung merupakan jenis ayam yang memiliki kandungan lemak jenuh paling rendah diantara jenis ayam lain, selain itu harga per kilo ayam kampung dipasaran bisa mencapai Rp.50.000-Rp.70.000/ekor.

Dengan harga jual yang relatif tinggi, dapat menjadi peluang bagi anda untuk memulai usaha ternak ayam kampung. Bila anda memiliki kandang atau halaman yang luas, kalian tidak perlu memikirkan biaya untuk membuat kandang lagi.

Cukup tambahkan jaring sebagai pembatas kandang agar ayam kampung tidak pergi terlalu jauh. Harga beli indukan ayam kampung sekitar Rp.100.000 sisa modal dapat digunakan untuk membeli ayam kampung pejantan, sementara itu pakan ayam dapat dibuat dari limbah kebun seperti jagung giling, ubi yang telah dicincang dan bungkil kacang kedelai.

Ternak Ayam Boiler

Bisnis beternak ayam boiler dapat dimulai dalam skala kecil-kecilan dengan membangun kandang disekitar halaman rumah, pemberian dedak dan vitamin secara rutin dan menjaga kebersihan kandang sangat penting untuk menghindari kemungkinan terserangnya patogen. Bibit ayam boiler berkisar Rp.9.000-Rp.15.000/ekor.

Ternak Ayam Petelur

Telur ayam merupakan salah satu komoditi utama yang dapat mempengaruhi stabilitas pangan pasar. Jika tertarik untuk ternak ayam petelur, anda bisa melakukannya dirumah dengan skala kecil-kecilan. Harga bibit ayam petelur dibanderol dengan Rp.7.800- Rp.11.500.

Itulah informasi tentang jenis usaha ternak dengan modal kecil, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !

Post a Comment for "Jenis Usaha Ternak Dengan Modal Kecil"