>

Menumbuhkan Minat Wirausaha

Menumbuhkan Minat Wirausaha
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Menumbuhkan Minat Wirausaha, mudah-mudahan isi postingan Artikel Kewirausahaan, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Menumbuhkan Minat Wirausaha - Ada anggapan bahwa kewirausahaan itu bakat dari lahir dan karenanya tidak dapat diajarkan. Benarkah demikian ? Ternyata tidak demikian. 
Menumbuhkan Minat Wirausaha

Anggapan tersebut di atas tidak benar, sebab pengertian kewirausahaan bukan berpijak pada bakat sejak lahir, melainkan berkaitan erat dengan tindakan atau aksi. 

Jadi tindakan atau aksi itulah yang menentukan seseorang sukses menjadi wirausahawan atau tidak. Sebelum istilah wirausaha sepopuler seperti sekarang ini, dulu sering kita dengar istilah wiraswasta. 

Kata "wiraswasta" berasal dari Wira yang berarti utama, gagah, berani, luhur, teladan atau pejuang. Swa berarti sendiri dan Sta berarti berdiri. 

Jadi wiraswasta (entrepreneur) berarti pejuang yang utama, gagah, luhur, berani dan layak menjadi teladan dalam bidang usaha dengan landasan berdiri diatas kaki sendiri. 

Definisi kewirausahaan memang banyak dibuat oleh para ahli, tetapi mereka melihat dari perspektifnya masing-masing. 

Agar penegertian kewirausahaan dapat diterapkan sesuai dengan lingkungan negara kita, maka telah disepakati definisi sebagai berikut ini.

Kewirausahaan adalah kesatuan terpadu dari semangat, nilai-nilai, dan prinsip serta sikap, kuat, seni, dan tindakan nyata yang sangat perlu, tepat dan unggul dalam menangani dan mengembangkan perusahaan atau kegiatan lain yang mengarah pada pelayanan terbaik kepada langganan dan piahak-pihak lain yang berkepentingan termasuk masyarakat, bangsa dan negara. 

Jika kita akan memulai bisnis baru, tentu kita harus bisa menjawab empat pertanyaan ini. Pertama, produk atau layanan apakah yang akan kita buat, dan itu untuk siapa? 

Kedua, mengapa harus usaha itu? Mengapa calon customer harus membeli dari kita? Apa yang akan kita berikan jika ternyata produk itu belum ada? Bagaimana kompetisinya? Apa keuntungan yang akan kita peroleh dari kompetisi itu? 

Ketiga, Apakah kita mempunyai sumbernya? Apakah kita akan mendapat order? Apakah order itu datang segera? Keempat, siapa pasar kita? Lantas dari manakah ide untuk mulai bisnis baru itu berasal?

Sebagian besar pengusaha itu dapat ide dari pengalaman yang diperoleh ketika bekerja di industri yang sama. Namun hal itu menunjukkan bahwa pengusaha seperti itu hanya berani memulai bisnis baru karena semata-mata melihat sisi terangnya saja. 

Jika kita memang benar-benar ingin memulai bisnis baru, semestinya peluang pasarlah yang lebih kita jadikan pijakan. 

Sekarang ini kita menghadapi kenyataan bahwa jumlah wirausahawan Indonesia masih sedikit dan mutunya belum bisa dikatakan hebat. 

Padahal wirausaha merupakan penunjang pembangunan nasional, karena memiliki manfaat diantaranya:
  • Menambah daya tampung tenaga kerja, sehingga dapat mengurangi pengangguran.
  • Sebagai generator pembangunan lingkungan, bidang produksi, distribusi, pemeliharaan lingkungan, kesejahteraan, dan sebagainya.
  • Menjadi contoh bagi anggota masyarakat lain, sebagai pribadi unggul yang patut dicontoh, diteladani, karena seorang wirausaha itu orang terpuji, jujur, berani, hidup tidak merugikan orang lain.
  • Selalu menghormati hukum dan peraturan yang berlaku, berusaha selalu memperjuangkan lingkungan.
  • Berusaha memberi bantuan kepada orang lain dan pembangunan sosial sesuai dengan kemampuannya.
  • Berusaha mendidik karyawannya menjadi orang mandiri, disiplin, jujur, tekun dalam menghadapi pekerjaan.
  • Memberi contoh bagaimana kita harus bekerja keras, tetapi tidak merupakan perintah agama, dekat kepada Allah Swt.
  • Hidup secara efesien, tidak berfoya-foya dan tidak boros.
  • Memelihara keserasian lingkungan, baik dalam pergaulan maupun kebersihan lingkungan.

Sumber:
  • Mulyadi, M. (2011). Kewirausahaan: Bertindak Kreatif dan Inovatif.

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Menumbuhkan Minat Wirausaha"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel