>

Tujuan Penyusunan Rencana Bisnis

Tujuan Penyusunan Rencana Bisnis
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Tujuan Penyusunan Rencana Bisnis, mudah-mudahan isi postingan Artikel Kewirausahaan, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Tujuan Penyusunan Rencana Bisnis - Ada tiga alasan utama yang mendasari wirausaha dalam menyusun rencana bisnis yaitu; 1) untuk membantu Anda menentukan kelayakan ide bisnis, 2) untuk menarik modal awal bisnis, dan 3) untuk memberikan arahan setelah bisnis berjalan. Adapun tujuan penyusunan recana bisnis tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut:
Tujuan Penyusunan Rencana Bisnis

Untuk Menentukan Kelayakan Ide Bisnis

Wirausaha tidak akan pernah tahu secara pasti apakah ide usahanya cukup layak, bila tidak direalisasikan. Dia juga perlu mempertahankan bisnis dalam waktu yang cukup lama untuk melihat apakah bisnis ini layak. 

Dengan menulis rencana bisnis, wirausaha dapat melihat secara kritis maksud, tujuan, dan harapan dalam usahanya, sehingga ketika merealisasikan ide usahanya, dia dapat mencegah kelalaian yang berakibat pada pembiayaan bisnis menjadi lebih tinggi. 

Menulis rencana bisnis juga membantu wirausaha menghilangkan emosi pribadi yang kuat dalam proses pengambilan keputusan. 

Keputusan bisnis yang lebih berdasarkan emosi, seringkali bukan merupakan pilihan yang bersifat jangka panjang. Wirausaha harus menjaga gairah dalam menjalankan usahnya, tetapi emosi harus seimbang dengan logika dan rasionalitas.

Untuk Menarik Modal Awal

Modal, baik dari perbankan ataupun dari investor, merupakan kebutuhan awal pada sebagian besar bisnis. Salah satu pertanyaan yang pertama kali ditanyakan oleh seorang bankir atau investor adalah "Mana rencana Anda?". 

Perbankan pada umumnya konservatif dalam hal finansial, sehingga sebelum mengambil risiko dengan memberikan modal bisnis, pihak perbankan ingin mendapatkan keyakinan bahwa wirausaha memiliki pengetahuan dan cukup realistis dalam proyeksi bisnis. 

Calon investor juga akan memiliki pertanyaan tentang rencana bisnis. Mereka butuh informasi kapan suatu bisnis akan mencapai titik impas (break even point), untuk mengetahui apakah bisnis tersebut akan menguntungkan mereka. 

Dengan rencana bisnis yang lengkap, menunjukkan bahwa wirausaha memiliki pemahaman dan perencaan yang baik, pertimbangan yang strategis dalam memecahkan masalah dan melihat peluang bisnis. Rencana bisnis juga diperlukan untuk meningkatkan setiap modal yang diperlukan.

Untuk Memberikan Arahan

Rencana bisnis seharusnya berlaku sebagai peta. Didalamnya, terdapat arahan-arahan jangka panjang yang perlu dilakukan untuk menjalankan bisnis pada masa depan. 

Dengan rencana bisnis yang jelas, akan memandu wirausaha untuk tetap berada dalam jalurnya, dan terhindar dari keputusan ataupun aktivitas bisnis yang bersifat reaktif. 

Rencana bisnis juga sebaiknya dievaluasi secara berkala, sehingga sejalan dengan perubahan yang terjadi di dalam mapun di luar bisnis.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Tujuan Penyusunan Rencana Bisnis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel