>

Peluang Bisnis Ramah Lingkungan

Peluang Bisnis Ramah Lingkungan
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Peluang Bisnis Ramah Lingkungan, mudah-mudahan isi postingan Artikel Kewirausahaan, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Peluang Bisnis Ramah Lingkungan - Serba hijau menjadi tren masa kini. Mulai dari green label, green product, green packaging, green producers, green consumer, green business dan sebagainya. 
Peluang Bisnis Ramah Lingkungan

Semua ini sangat erat kaitannya dengan masalah pengelolaan lingkungan yang telah menjadi tuntutan pasar demi keselamatan dan kelestarian lingkungan. 

Pendekatan yang dilakukan oleh wirausaha untuk mempertahankan kesinambungan dalam aktivitasnya yang berwawasan lingkungan dikenal dengan bisnis hijau atau bisnis ramah lingkungan. 

Dengan kata lain, bisnis ramah lingkungan adalah suatu bisnis yang berpartisipasi dalam aktivitas-aktivitas hijau atau ramah lingkungan, dan memastikan bahwa semua proses, produk, dan aktivitas usaha telah sesuai dengan berbagai keprihatinan lingkungan terkini, serta tetap mempertahankan profit.

Peluang bisnis ramah lingkungan merupakan peluang yang besar dan  menguntungkan. Kunci masa depan bagi setiap bisnis adalah kekuatan dan ketahanan dari mereknya. 

Pada pasar abad ke-21, satu-satunya merek yang diperhitungkan adalah yang ramah lingkungan. Usaha ramah lingkungan dapat diidentifikasi dengan pertanyaan, seperti “Apa yang dikerjakan bisnis Anda bagi lingkungan?” Jawabannya bukan sekadar menanam pohon-pohon atau mendaur ulang kertas. 

Jawabannya adalah melakukan suatu bisnis yang membuat perbedaan nyata dalam kehidupan suatu komunitas, dan jika diperluas, berdampak pada kehidupan komunitas dunia. 

Oleh karena itu, peluang bisnis ramah lingkungan merupakan suatu proses penilaian, bagaimana merancang produk-produk yang akan mengambil manfaat dari situasi lingkungan saat kini, dan seberapa baik sebuah produk perusahaan bisa berjaya dengan sumber-sumber yang bisa diperbarui (renewable resources).

Banyak peluang bisnis ramah lingkungan di setiap wilayah geografis dan bidang kehidupan, yang penting memastikan bisnis yang digeluti fokus pada bidang kepedulian lingkungan. 

Secara umum, suatu bisnis dinyatakan sebagai ramah lingkungan, jika memenuhi empat kriteria yaitu; 1) memasukkan prinsip-prinsip keberlanjutan ke dalam setiap keputusan bisnisnya, 2) memasok produk atau jasa yang ramah lingkungan, 3) kompetisi bisnis yang bersifat ramah lingkungan, dan 4) telah membuat komitmen jangka panjang terhadap prinsip-prinsip lingkungan hidup dalam operasi-operasi bisnisnya.

Banyak bisnis ramah lingkungan dimulai dengan keinginan untuk mengatasi dampak perubahan iklim dan masalah lingkungan lainnya. 

Bagi para wirausaha, keinginan untuk peduli lingkungan sama kuatnya dengan keinginan untuk mendapatkan profit. Namun demikian, seorang wirausaha peduli lingkungan harus memenuhi pendekatan spesifik yang meliputi:
  • Komitmen, yaitu bagaimana pengusaha berkomitmen untuk terus mengurangi dampak bisnis terhadap lingkungan dan membawa lebih banyak manfaat kepada masyarakat.
  • Pemahaman, yaitu bagaimana pengusaha memahami dampak dari setiap aspek bisnis untuk lingkungan dan masyarakat.
  • Peningkatan, yaitu rencana tindakan dan komitmen untuk meningkatkan standar lingkungan bisnis.
  • Komunikasi, yaitu selalu mengkomunikasikan mengenai dampak  lingkungan dari bisnis untuk staf dan masyarakat.

Dengan memiliki merek ramah lingkungan yang kuat, hal ini akan memberi kesan bukan hanya pada para pelanggan, para investor dan juga pada perusahaan-perusahaan lain yang setara. 

Pada gilirannya, hal ini akan terus memotivasi lebih banyak wirausaha untuk berkompetisi dalam bidang bisnis ramah lingkungan.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Peluang Bisnis Ramah Lingkungan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel