Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Budidaya Ikan Arwana di Akuarium Untuk Pemula

Budidaya Ikan Arwana di Akuarium - Ikan arwana ialah salah satu macam ikan air tawar dari Asia Tenggara. Ikan ini juga adalah salah satu macam ikan hias yang sangat disukai kebanyakan orang, saking disukainya ikan arwana ini harga buat satu ikan arwana dapat mencapai 5-10 juta per ekor. 

Cara Budidaya Ikan Arwana di Akuarium Untuk Pemula

Sebab itulah, ikan ini sangat cocok dikembangbiakkan. Banyak orang yang mengembangbiakkan ikan ini baik dengan menggunakan kolam besar ataupun akuarium.

Apabila membudidaya dengan menggunakan kolam besar, modal yang harus dipersiapkan haruslah banyak. Tapi, apabila modalnya pas-pas’an atau tidak banyak mungkin budidaya dengan menggunakan akuarium adalah solusinya. Ada beberapa langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk budidaya ikan arwana ini.

Menyiapkan Media Untuk Budidaya

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam membudidaya ikan arwana ialah menyiapkan tempat untuk budidaya ialah akuarium beserta perlengkapannya. 

Jumlah akuarium yang diperlukan buat budidaya ikan arwana ialah kira-kira 5 akuarium. Sedangkan, perlengkapannya harus disiapkan alat pengukur suhu, aerator, heater, filter air dan lampu.

Memilih Jenis Ikan Arwana

Langkah selanjutnya ialah harus ditentukan jenis ikan arwana apa yang harus dibudidayakan. Sebab jenis ikan arwana ini sangatlah banyak. 

Apabila ingin mendapatkan keuntungan yang banyak, maka seharusnya dipilih ikan arwana super red buat dibudidayakan. Jenis ikan ini mempunyai nilai yang sangat fantastis, kira-kira 5 juta rupiah untuk ikan arwana dewasa dan benihnya kira-kira 1 juta rupiah per ekornya. 

Penggemar dari jenis ikan arwana super red juga sangat banyak, sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak apabila mengembangkan ikan arwana jenis ini. Namun, apabila tidak memiiki modal yang cukup banyak, maka bisa memilih alternatif ikan arwana lainnya.

Menyiapkan Indukan Ikan Arwana

Kualitas indukan ikan arwana yang mau dikembangbiakkan sangat mempengaruhi terhadap hasil yang diperoleh. Apabila indukan yang dipilih memiliki kualitas yang sangat baik, maka kemungkinan besar hasil yang bisa di peroleh juga akan baik, begitu juga dengan sebaliknya. 

Sebab itulah, pilih indukan yang mempunyai kualitas terbaik untuk di kembangbiakkan. Ikan arwana yang telah siap untuk dikembangbiakkan ialah ikan arwana yang telah mencapai umur 4 tahun atau lebih. 

Seharusnya ikan arwana ini harus dipisahkan dengan ikan arwana lainnya. Sebab ikan arwana yang akan dikembangbiakkan harus dikasih makanan khusus, yaitu berupa udang. 

Cara membedakan ikan arwana jantan dan betina dengan melihat ukuran tubuh dan kepala ikan. Apabila ukuran tubuh dan kepala ikan kecil, maka ikan tersebut ialah ikan betina

Waktu yang Pas Untuk Pengembangbiakkan

Langkah selanjutnya ialah harus ngerti dengan ikan arwana mana saja yang telah menemukan pasangannya. Cara mengetahui ikan arwana yang telah menemukan pasangannya atau belum dengan memperhatikan ikan-ikan tersebut dengan seksama di dalam akuarium. 

Apabila terdapat dua ikan yang berlainan dan sering berenang beriringan dengan kepala serta ekor saling menempel, maka bisa dipastikan ikan arwana tersebut telah menemukan pasangannya.

Saat sudah melihat ikan seperti itu, maka ikan tersebut harus segera dipindahkan ke dalam akuarium yang khusus untuk pengembangbiakkan. Akuarium yang dipakai untuk pengembangbiakkan juga harus dibuat senyaman mungkin bagi ikan arwananya.

Dalam proses bertelur, ikan arwana tidak harus dibantu. Sebab ikan arwana yang jantan seakan-akan memakan telur sesudah ikan arwana betina mengeluarkan telur-telurnya. 

Waktu itulah ikan arwana jantan membuahi telur-telurnya hingga menjadi larva. Larva yang dihasilkan oleh ikan arwana jantan biasanya berumur 2 bulan.

Pembesaran Benih

Benih ikan arwana yang berukuran kira-kira 1 cm, seharusnya dikasih makan cacing pita. Sesudah benih-benih tersebut berkembang besar sampai berukuran kira-kira 12 cm. 

Sesudah benih telah mencapai ukuran 12 cm, benih-benih tersebut dipisahkan dengan induknya. Biar induk ikan arwana tidak memakan benih-benih tersebut pada waktu lapar.

Membentuk Warna Ikan Arwana

Sesudah itu memisahkan ikan arwana yang masih kecil, sekarang waktunya mengembangbiakkan sampai mencapai ukuran 25 hingga 40 cm. 

Sebab ikan arwana yang memiliki ukuran seperti itu paling dicari. Untuk bisa mendapatkan warna yang alami, bisa menjemur ikan arwan di pagi hari. Sebab pancaran sinar matahari juga bisa membentuk warna alami dari ikan arwana.

Panen Ikan Arwana

Apabila ikan arwana yang telah berhasil dibudidaya serta warna ikan yang terlihat bagus, maka ikan arwana telah siap untuk dijual. 

Kita bisa mencari penyalur ikan arwana atau pedagang besar di kota-kota besar agar kita tidak usah repot-repot lagi memasarkan ikan arwana hasil pembudidayaan.

Post a Comment for "Cara Budidaya Ikan Arwana di Akuarium Untuk Pemula"