Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pakan Ikan Nila Untuk Umur 1 Bulan

Pakan Ikan Nila Untuk Umur 1 Bulan - Ikan Nila merupakan jenis ikan yang cukup mudah dibudidayakan karena ikan nila termasuk jenis hewan omnivora. 

Pakan Ikan Nila Untuk Umur 1 Bulan

Pada dasarnya untuk jenis pakan ikan nila untuk umur 1 bulan anda bisa berikan berupa zooplankton (plankton hewani), seperti Rotifera sp, Moina sp, atau Daphnia sp.

Karena pakan merupakan salah satu hal yang mendasar untuk anda ketahui karena memiliki peran penting ketika memelihara atau membudidayakan ikan nila. 

Ini karena ikan nila memerlukan sumber energi yang cukup untuk pertumbuhan serta perkembangbiakannya. Nah, bagi anda yang sedang melakukan usaha budidaya ikan nila, berikut kami memberikan informasi tentang pakan ikan nila untuk umur 1 bulan.

Azolla Microphylla

Azolla microphylla merupakan salah satu jenis tumbuhan paku air yg mengambang. Tanaman ini punya keistimewaan dibanding jenis tumbuhan paku lainnya. 

Azolla dengan permukaan daun yang lunak memiliki pertumbuhan yang cepat, jadi sangat baik untuk dibudidayakan sebagai pakan ikan.

Hal yang penting untuk anda ketahui adalah kandungan protein tumbuhan azolla cukup tinggi sekitar 25-35% berat kering.  Tumbuhan azolla biasanya terdapat di perairan yang tergenang misalnya sawah atau kolam.  

Untuk ikan nila usia 1 bulan dari larva, sudah bisa diberi azolla. Pemberian azolla terhadap ikan nila sebaiknya dalam bentuk kering karena proteinnya lebih tinggi dibanding azolla basah.

Ampas Kelapa

Ampas kelapa punya kandungan nutrisi yg cukup tinggi & ini merupakan salah satu pakan ikan nila yg punya kualitas bagus. 

Pakan dalam bentuk ampas kelapa ini mampu diberikan dengan cara ditebar langsung dalam kolam atau bisa difermentasikan terlebih dahulu. Selain itu, anda bisa campurkan ampas kelapa ini membuat jadi campuran pembuatan pelet ikan nila.

Daun-Daunan atau Sayuran

Daun-daunan atau sayuran yg lembut teksturnya mampu diberikan kepada ikan nila dengan cara dicincang & ukurannya mampu disesuaikan dengan besar atau kecilnya ikan nila tersebut. Jenis dedaunan atau sayuran yg mampu diberikan merupakan kol, sawi, bayam, & kangkung.

Sisa Makanan

Sisa makanan yang bisa anda berikan berupa roti yg telah kadaluarsa atau sisa makanan sangat bermanfaat buat pakan ikan nila. Seperti contoh untuk 1 kolam mampu diberikan 1 karung roti yg udah kadaluarsa & porsi tersebut cukup buat 40 ikan nila selama 2-3 hari.

Post a Comment for "Pakan Ikan Nila Untuk Umur 1 Bulan"