>

Anco Alat Tangkap Tradisional Nelayan Indonesia

Anco Alat Tangkap Tradisional Nelayan Indonesia
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Anco Alat Tangkap Tradisional Nelayan Indonesia, mudah-mudahan isi postingan Artikel Perikanan, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Anco Alat Tangkap Tradisional Nelayan Indonesia - Alat tangkap ini biasanya berukuran besar dan pemasangannya bersifat menetap di sepanjang pantai atau tepi laut. 
Anco Alat Tangkap Tradisional Nelayan Indonesia

Anco termasuk ke dalam alat tangkap jaring angkat, karena pengoperasiannya dengan menurunkan dan mengangkat secara vertikal. 

Anco ini terdiri dari jaring horizontal dan alat ini dioperasikan dari tepi laut dengan memasangnya pada sebuah tempat seperti pelataran yang terbuat dari bambu. 

Jenis alat penangkapan ikan ini sesuai dengan standar internasional untuk penggolongan statistik alat penangkapan ikan. Di negara lain, alat ini biasa dikenal dengan sebutan Scoop net atau Scoop basket.

Dalam proses pembuatannya di butuhkan berbagai pertimbangan seperti kapasitas perangkap dan kemampuan tuas saat mengangkat beban untuk mengetahui berat beban yang mampu di angkut dalam sekali pengoperasiannya.

Dalam pengoperasiannya hanya dibutuhkan satu orang saja. Alat ini dinilai lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan penggunaan alat pancing ataupun dengan menggunakan bom ikan.

Pada lokasi budidaya ikan atau udang, anco memiliki banyak fungsi, yaitu berfungsi untuk mendapatkan informasi tentang ikan atau udang. 

Yang utama adalah untuk mengontrol nafsu makan dan untuk menentukan porsi pakan. Fungsi lainya untuk mengetahui kesehatan ikan atau udang. Berikut bagian-bagian anco antara lain :

Jaring

Jaring berbentuk bujur sangkar yang besar kecilnya ukuran tergantung dari kebutuhan. Biasanya ukurannya 3×3 m. Bahan jaring umumnya dibuat dari benang katun, dengan besar mata (#) 1 cm untuk bagian yang di tengah dan 1,5 cm untuk yang di pinggir.

Bambu

Bambu digunakan untuk membuka jaring. Jumlahnya ada 2, kedua ujungnya dijadikan halus kemudian dipasang secara bersilangan antara satu sama lain dengan perkiraan sudut 90 derajat yang selanjutnya pada ujung-ujungnya diikat jaring tersebut.

Tali

Tali berfungsi untuk pengangkatan.

Tangkai

Tangkai untuk Anco ini mempunyai panjang sekitar 3 m, dengan jumlah antara 1-2 buah tergantung besar-kecilnya anco yang digunakan.

Parameter anco adalah pada jaringnya. Jaring anco terbuat dari katun, warna dasar jaring ini adalah transparan, sehingga warna mirip dengan warna perairan. Sifat jaring ini lentur atau tidak kaku, sehingga mampu menampung hasil tangkapan lebih banyak.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Anco Alat Tangkap Tradisional Nelayan Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel