>

Budidaya Ikan Di Tambak Menggunakan Plastik Mulsa

Budidaya Ikan Di Tambak Menggunakan Plastik Mulsa
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Budidaya Ikan Di Tambak Menggunakan Plastik Mulsa, mudah-mudahan isi postingan Artikel Perikanan, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Budidaya Ikan Di Tambak Menggunakan Plastik Mulsa - Memiliki usaha di sektor pertanian memang tak ada habisnya. Ditambah lagi semua orang membutuhkan hasil dari pertanian tersebut untuk keperluan pangan mereka sehari-hari. 
Budidaya Ikan Di Tambak Menggunakan Plastik Mulsa

Mereka umum menjadikan hasil pertanian ini untuk dijadikan lauk dan makanan pokok. Beruntungnya Kuasa kita memberikan karunia yang luar umum terhadap Indonesia, yaitu memberikan tanah yang subur dan melimpahnya kekayaan alam yang dapat di konsumsi oleh Masyarakat Indonesia sendiri.

Kecuali itu juga Masyarakat Indonesia juga diberi kecerdasan agar dapat mengelola anugerah tersebut untuk orang-orang dapat mengkonsumsinya. 

Tidak cuma tanam-tanaman saja, sumber pangan di Indonesia yang lainnya malahan melimpah, seperti hewan, ada Hewan di darat maupun di air. 

Demi memenuhi keperluan akan sayur-sayuran, buah-buahan, daging dan lainnya para pengusaha dan petani di Indonesia membudidayakan tanaman pangan maupun hewan tersebut.

Untuk memenuhi keperluan tersebut perlulah sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan jumlah produksi hasil pertanian. 

Oleh karena itu untuk memenuhi keperluan banyaknya Orang yang ada di negeri ini dan agar dapat meningkatkan jumlah produksi hasil pertanian, para petani menggunakan Mulsa atau umum disebut plastik mulsa atau mulsa plastik. Apa itu Mulsa Plastik? Apa saja manfaatnya? Inilah penjelasan lebih lanjut tentang plastik mulsa.

Apa Itu Mulsa Plastik?

Mulsa plastik (plastik mulsa) yaitu sebuah lembaran plastik sebagai penutup lahan (tanah bedengan) pada budidaya tanaman. 

Mulsa plastik sudah lama dikenal sebagai sarana menutup tanah pertanian agar pertumbuhan gulma dapat dikuasai. Pada waktu dulu mulsa terbuat dari bahan-bahan organik seperti terbuat dari batu, jerami, daun-daun kering, dan sebagainya. Tapi seiring berjalannya waktu kini mulsa dijadikan lebih praktis dengan berbahan plastik.

Macam Mulsa Plastik

Untuk Macam mulsa plastik ini pada umumnya dibedakan menurut warna dan intesitas sinar yang dapat diteruskan, beberapa warna antara lain mulsa plastik jernih, mulsa plastik putih, mulsa plastik perak, mulsa plastik hitam, mulsa plastik merah, mulsa plastik biru, mulsa plastik perak perak (kedua permukaan berwarna perak), mulsa plastik hitam perak (MPHP) dengan tipe salah satu permukaannya berwarna hitam, dan permukaan lainnya berwarna perak.

Salah satu mulsa plastik yang sudah cukup tenar yaitu mulsa hitam perak. Mulsa tipe ini mempunyai dua warna, hitam dan perak. 

Mulsa ini memiliki warna hitam di salah satu sisi dan sisi lainnya berwarna perak. Warna perak digunakan menghadap ke komponen luar atau menghadap ke sang surya. 

Fungsi dari pewarnaan perak ini yaitu untuk memantulkan sinar sang surya, yang dimana pantulan sinar sang surya dari mulsa dapat membantu proses fotosintesis. 

Dengan demikian itu, proses fotosintesis menjadi lebih maksimal. Untuk pemanfaatan Mulsa Plastik pada tambak, pantulan sinar sang surya pada mulsa ini dapat membantu mengurangi pertumbuhan bakteri dan jamur sehingga mutu air tetap terjaga.

Manfaat Mulsa Plastik Untuk Tambak

Memanfaatkan mulsa plastik hitam perak pada tambak dianggap lebih hemat dan aman dibandingi dengan mulsa plastik tipe lain, seperti tipe HDPE misalnya. 

Untuk mulsa plastik tipe HDPE memang cukup bendung lama untuk digunakan di tambak, tetapi keawetannya ini justru dapat menjadi kerugian untuk usaha tambak. 

Sebab awetnya mulsa plastik tipe ini, kebocoran kecil jadi lebih sulit dideteksi. Akhirnya para petambak akan telat mengantisipasi atau membetuli kerusakan yang terjadi.

Untuk Pemakaian mulsa plastik hitam perak yang kita manfaatkan untuk tambak sudah ternyata dapat meningkatkan hasil panen. 

Jumlah bakteri dan jamur yang terkendali akan berpengaruh pada kesehatan hewan yang kita budidayakan di tambak. Kesehatan ikan tambak yang baik dapat berpengaruh pada nafsu makan yang baik pula. 

Tidak mengherankan jikalau hasil akhir pada dikala panen tambak dapat menempuh 1,5-2 kali lipat dari hasil produksi pada tambak yang menggunakan mulsa HDPE.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Budidaya Ikan Di Tambak Menggunakan Plastik Mulsa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel