>

Pakan Ayam Pedaging Terbaik Untuk Kalian Coba

Pakan Ayam Pedaging Terbaik Untuk Kalian Coba
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Pakan Ayam Pedaging Terbaik Untuk Kalian Coba, mudah-mudahan isi postingan Artikel Peternakan, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Pakan Ayam Pedaging Terbaik - Memberikan pakan ayam pedaging terbaik merupakan salah satu hal sangat penting untuk kalian coba agar saat produksi atau pemasaran, mampu menghasilkan daging ayam yang maksimal dari kualitas maupun kuantitas.
Pakan Ayam Pedaging Terbaik Untuk Kalian Coba

Ayam pedaging, banyak diternakkan dan merupakan ras yang unggul dari berbagai persilangan ras ayam yang memiliki produktivitas daging terbaik. Memilih ayam pedaging atau broiler memang lebih banyak untungnya, terutama ketika pakan yang dipilih sangat tepat.

Berhubung saat ini sangat banyak jenis pakan yang disediakan untuk ayam pedaging, maka akan membuat banyak peternak bingung, mana yang masuk pakan terbaik untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal. Agar Anda tidak bingung, berikut kami rekomendasikan pakan ayam pedaging terbaik untuk kalian coba.

Hi-Pro Vite 512 Bravo

Bagi Anda yang baru mulai beternak ayam, tentu memilih anak ayam yang masih kecil untuk dikembangkan sehingga butuh asupan pakan yang tepat, selama proses tumbuh kembangnya.

Pakan yang satu ini, cocok diberikan kepada anak ayam karena kandungan proteinnya mencapai 19 persen. Tapi, pastikan usianya sudah pada fase terakhir anak ayam supaya tidak kesulitan saat mencerna pakan tersebut. adapun kelebihan dari pakan ini adalah sebagai berikut:
  • Saat memberikannya akan lebih mudah dan tidak akan berantakan sebab sudah berbentuk pelet. Jadi, untuk membersihkan kandang tidak akan membuat Anda bekerja ekstra jika dibanding pemberian pakan basah.
  • Dari segi harga tergolong murah dan cocok untuk peternak pemula, yang masih memiliki modal terbatas untuk mengembangkan usaha ternak ayamnya.

Sedangkan kekurangan dari pakan ini adalah, tidak cocok untuk ayam segala umur mengingat teksturnya sudah berbentuk pelet. Jadi, Anda butuh pakan lain untuk anak ayam yang baru lahir hingga usia maksimal empat minggu. 

Broiler Starter BR I Crumble

Dalam pertumbuhan ayam pedaging, ada beberapa fase yang harus dilewati dimulai dari fase awal yang sangat menentukan kualitas ayam saat dewasa.

Pakan ini mengandung bahan yang tepat untuk diberikan di fase awal tersebut, agar ayam memiliki kualitas tubuh dan kesehatan terbaik.

Dengan begitu, maka untuk fase berikutnya anda akan lebih mudah mengatur pakan yang sesuai dan tinggal memaksimalkan bobot yang sudah dimiliki ayam di fase awal. Kelebihan dari pakan ini adalah
  • Tekstur crumble yang dimilikinya lebih mudah dicerna untuk ayam kategor anakan hingga dewasa.
  • Kandungan dalam pakan ini akan membantu metabolisme yang baik di dalam tubuh ayam sekaligus membantu perkembangan organ-organ pentingnya.

Untuk kekurangannya masih belum banyak dikeluhkan peternak, selama proses pemberian pakan sesuai dengan umur dan anjuran pemberian. 

Hi-Pro Vite 511 Bravo

Ada beberapa pakan yang pemberiannya perlu campuran dengan pakan lain dan membutuhkan takaran tepat supaya ayam bisa mencernanya dengan baik. Namun, tidak semua peternak telaten untuk melakukannya sehingga membuat kualitas ayam menjadi menurun.

Untuk mengantisipasi hal itu, Anda bisa menggunakan pakan ini karena sudah mengandung unsur yang dibutuhkan ayam untuk tumbuh kembangnya sejak kecil hingga usia panen tiba. Keunggulan pakan ini adalah 
  • Kandungan proteinnya sangat tinggi, cocok untuk anak ayam yang masih dalam masa pertumbuhan. Selain itu, tekstur crumble dari pakan ini juga akan memudahkan ayam mencernanya dengan baik.
  • Soal harga juga menjadi kelebihannya, karena pakan ayam pedaging terbaik ini memiliki harga relatif murah jadi cocok untuk peternak skala besar yang mau menghemat pengeluaran.

Pakan Ternak Idaman BR-1

Untuk pakan ternak anak ayam yang masih berusia di bawah tiga minggu, memang butuh pakan khusus yang cocok untuk pencernaan dan metabolismenya. Termasuk untuk memaksimalkan pertumbuhannya sehingga lebih cepat dari kondisi normal.

Pakan ini memiliki kemampuan untuk itu, walaupun tidak memiliki Antibiotic Growth Promoter (AGP) yang sering diandalkan peternak. Sebab, pada beberapa kondisi bisa membuat bakteri resisten dan mengancam kesehatan anak ayam.

Tapi, kemampuannya mempercepat pertumbuhan anak ayam bisa diacungi jempol, karena kandungan bahan alaminya yang cocok untuk dikonsumsi anak ayam.

Biasanya untuk usia empat minggu awal, pakan ayam pedaging terbaik diberikan mestinya mengandung sekitar 23 persen protein dari total komposisi pakan. 

Sedangkan untuk minggu berikutnya, bisa memberikan pakan dengan kandungan protein lebih sedikit berkisar 19 persen saja. Untuk memilih pakan yang tepat, Anda perlu melakukan beberapa hal berikut.

Berapa Usia Ayam yang Dipelihara?

Sama halnya dengan manusia, beda usia ayam akan beda pula pakan yang tepat untuk diberikan. Makanya sangat penting, untuk mengetahui berapa usia ayam yang dipelihara sehingga pertumbuhannya tidak terganggu.

Nah, yang perlu diperhatikan selain memberikan pakan kaya protein di usia awal ayam, jangan memberikan pakan dengan kandungan kalsium berlebih. Sebab, bisa mengakibatkan gangguan pada ginjalnya.

Sedangkan pada usia ayam yang lebih besar atau berkisar empat minggu ke atas, pakan yang diberikan sebaiknya mengandung berbagai macam komposisi. Gunanya, untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan membuat kualitas daging yang nantinya dihasilkan benar-benar baik.

Usia ayam bisa diketahui berdasarkan kondisi bulu hingga kemampuan lainnya. Makanya jangan pernah mengabaikan usia saat memberikan pakannya.

Mengetahui Jenis Pakan yang Tersedia

Ada banyak jenis pakan yang tersedia di pasaran, Anda perlu tahu apa saja jenis yang tersedia. Biasanya ada tiga, pertama jenis tepung yang teksturnya halus sehingga ayam akan mudah untuk mencernanya dan kebanyakan diberikan kepada anak ayam. Lalu ada jenis crumble atau butiran yang lebih besar dari jenis tepung, sebaiknya diberikan untuk ayam menjelang dewasa.

Cek Fisik

Pengecekan fisik pakan juga perlu dilakukan sebelum membeli, di antaranya cek tekstur dan kebersihan pakan dari bahan dan hewan seperti kutu. Kemudian pastikan baunya juga segar dan tidak apek.

Pengecekan lainnya adalah pada kualitas butiran makanan. Misalnya Anda memilih pakan jagung, maka pastikan warna jagungnya kuning cerah dan bonggolnya utuh tanpa ada bagian yang pecah

Analisa Proksimat

Analisis ini dilakukan untuk mengetahui kondisi nutrisi pada pakan ayam pedaging terbaik  yang akan diberikan, jangan sampai Anda memilih pakan dengan komposisi yang salah.

Cara melakukan analisis ini adalah, mengecek kandungan air dari pakan tersebut. Kadar terbaiknya yaitu, maksimal 13 persen dari komposisi total pakan. Kemudian melihat protein kasar yang terdapat di dalam pakan, termasuk juga serat, lemak, dan asam amino.

Cara analisis bisa melibatkan pihak kompeten di dunia peternakan, sehingga Anda bisa lebih puas dengan hasilnya. Apalagi untuk Anda yang beternak ayam dengan jumlah yang tidak sedikit. Salah memberi pakan tentu kerugian besar akan menanti.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Pakan Ayam Pedaging Terbaik Untuk Kalian Coba"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel