Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Temperatur Kandang Ayam Pedaging

Temperatur Kandang Ayam Pedaging - Ayam pedaging yg dipelihara dalam kandang, harus mendapatkan penanganan tepat agar mempunyai pertumbuhan & perkembangan yg baik.

Temperatur Kandang Ayam Pedaging

Termasuk diantaranya yg berhubungan dengan temperatur kandang ayam pedaging. Temperatur kandang ayam pedaging yg ideal masing-masing berbeda melihat dari umur ayam. Pengaturan kandang ayam pedaging diatur berdasarkan fase pertumbuhan ayam pedaging (umur ayam).

Untuk anak ayam pedaging yang masih kecil mempunyai suhu yang lebih tinggi dibandingkan suhu ruangan sehingga kita perlu meletakkan pemanas buatan / brooder dalam kandang untuk memberikan kehangatan pada anak ayam pedaging.

Bila temperatur kandang ayam pedaging tidak ditingkatkan sesuai dengan suhu anak ayam maka suhu anak ayam akan berangsur-angsur menurun. Jika tidak segera mendapat penanganan maka anak ayam bakal kedinginan & mudah terserang penyakit.

Penyakit yg sering menyerang anak ayam pedaging pada saat temperatur suhu ruangan kandang dingin adalah penyakit radang paru-paru (pneumonia).

Ayam yg terkena radang paru-paru mempunyai pernapasan yg tersengal-sengal. Ayam pedaging yg terkena penyakit tersebut bakal berkurang nafsu makannya.

Sehingga ayam membuat jadi cepat kurus & praktis mempengaruhi pertumbuhan anak ayam pedaging. Untuk itu, harus pengaturan suhu ruangan yg tepat dalam kandang. Berikut pengaturan temperatur suhu ruangan terhadap dalam kandang:
  • Umur 1 – 7 hari, temperatur suhu ideal kandang 35 0C
  • Umur 8 – 15 hari, temperatur suhu ideal kandang 32,2 0C
  • Umur 16 – 23 hari, temperatur suhu ideal kandang 29,44 0C
  • Umur 24 – 30 hari, temperatur suhu ideal kandang 26,6 0C

Setelah berumur 31 hari, pemanas buatan tidak diperlukan lagi. Meskipun begitu, bila kondisi sekitar kandang sangat dingin, untuk itu pemanas buatan mampu dipasang kembali.

Begitu pula bila temperatur suhu ruangan kandang diluar sangat panas, maka suhu terhadap dalam ruangan harus disesuikan, jadi penggunaan pemanas buatan hanya digunakan terhadap malam hari saja.

Untuk pengaturan temperatur suhu ruangan kandang diatas hanya untuk standar saja. Untuk memastikan temperatur suhu ruangan kandang mampu melihat dengan penyebaran anak ayam terhadap dalam kandang.

Jika anak ayam bergerombol maka hal tersebut menandakan temperatur suhu ruangan terhadap dalam kandang sangat rendah.

Pada saat ini jumlah brooder atau pemanas buatan perlu ditambah atau suhu dalam ruangan perlu ditingkatkan. Setelah penyebaran ayam cukup merata maka suhu harus dipertahankan. Pengontrolan harus dilakukan terhadap siang & malam hari dengan melihat termometer yg dipasang dalam kandang.

Dengan pengontrolan dengan cara teratur maka bakal menunjang pertumbuhan & perkembangan ayam pedaging yg anda pelihara. Dengan pertumbuhan & perkembangan yg baik maka bakal menghasilkan panen yg baik juga.

Post a Comment for "Temperatur Kandang Ayam Pedaging"