Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menanam Anggrek Bulan Dengan Media Pot

Menanam Anggrek Bulan Media Pot - Untuk para pecinta bunga anggrek tentunya tak asing dengan jenis anggrek bulan. Jenis tanaman hias yang satu ini menjadi sangat cantik bila bunganya mekar.

Menanam Anggrek Bulan Dengan Media Pot

Anggrek bulan dominan berwarna putih dan beberapa warna lain yang juga menarik. Untuk mendapatkan banyak bunga yang bermekaran dari tangkai-tangkai bunganya maka anggrek wajib diperlakukan dengan benar.

Banyak para penghobi tanaman hias menyukai kecantikan jenis bunga ini, bahkan berkat kecantikan bunga ini sehingga dijuluki sebagai bunga Nasional Indonesia.

Untuk para pecinta bunga pasti merasa belum lengkap kalau tak mengoleksi bunga anggrek bulan dan menanam anggrek bulan ini terbilang cukup mudah apalagi jenis tanaman hias ini bisa tumbuh di berbagai iklim.

Menanam anggrek bulan bisa dilakukan dengan cara alami, namun ada juga yang memerlukan teknik Eksklusif. Nah, bagi kalian para pecinta tanaman hias yang satu ini, berikut kami akan memberikan informasi cara menanam anggrek bulan dengan media pot.

Memilih Bibit Bunga Anggrek

Sebelum menanam anggrek bulan, kita wajib memilih bibit dengan kualitas bagus. Pilih bibit yang siap untuk dibudidayakan dengan kriteria bibit yang bagus yaitu bibit yang telah berusia 1 tahun serta telah mempunyai daun dan akar.

Tanamlah bibit berkualitas tersebut ke dalam plastik selama 3 bulan, setelah itu dipindahkan ke dalam pot kecil dengan diameter 6 cm hingga 12 cm.

Kalian juga wajib memberikan pupuk organik dengan cara benar selama proses pembibitan supaya pertumbuhan anggrek bisa tumbuh maksimal.

Setelah 3 bulan berada di pot kecil, cara menanam anggrek bulan selanjutnya yaitu memindahkan anggrek ke dalam pot yang berukuran lebih besar.

Tanam di Tempat yang Benar

Cara menanam anggrek bulan selanjutnya yaitu menanamnya di tempat yang benar. Anggrek bulan tak memerlukan sinar matahari yang banyak, hanya butuh sekitar 20% setiap hari.

Tempatkan anggrek di tempat yang teduh atau terhalang sinar matahari seperti di bawah pohon rindang atau digantung di atap teras rumah.

Pilih lokasi yang mempunyai intensitas matahari yang bagus karena pertumbuhan tanaman anggrek dipengaruhi oleh intensitas sinar matahari.

Sesuaikan pula jenis tanaman anggrek dengan lokasi penanaman berdasarkan intensitas matahari yang didapat sehingga anggrek bisa tumbuh dengan cara maksimal. Ada 3 jenis anggrek yang berdasarkan intensitas cahaya tersebut.
  • Tanaman anggrek yang wajib terkena sinar matahari dengan cara langsung yaitu anggrek Vanda, anggrek Arachnis dan anggrek Renanthera.
  • Jenis anggrek yang Bisa tumbuh di tempat yang tak terkena sinar matahari dengan cara langsung yaitu anggrek Ancedium, anggrek Dendrobium, dan anggrek Cattleya. Jenis Tanaman anggrek yang tak suka terkena sinar matahari wajib ditempatkan di tempat teduh.
  • Untuk yang mempunyai halaman rumah yang teduh, sebaiknya menanam jenis Anggrek Paphiopedilum dan Anggrek Phalaenopsis.

Atur Ketinggian Pot Anggrek

Selain kondisi lingkungan, ketinggian lokasi penanaman juga memengaruhi pertumbuhan anggrek yang kita pelihara. Apabila kita tinggal di lokasi dengan ketinggian 1001 meter di atas permukaan laut (MDPL), jenis anggrek yang cocok untuk kita tanam yaitu anggrek cymbidium dan anggrek miltonia.

Bila kita tinggal di ketinggian 500 hingga 1000 MDPL maka kita Bisa budidayakan anggrek jenis Dendrobium, Oncidium atau Cattleya kita wajib menempatkan Tanaman ini.

Jenis ketiga yaitu anggrek yang sebaiknya ditempatkan di ketinggian 500 MDPL. Tanaman anggrek yang tumbuh di ketinggian ini yaitu anggrek jenis Vanda dan Arachnis.

Selain ketinggian lokasi tanam, kita juga wajib perhatikan sirkulasi udara. Tempat yang bagus untuk pertumbuhan anggrek yaitu tempat yang mempunyai angin sepoi-sepoi yang tak terlalu besar anginnya. Kelembaban udara juga wajib diperhatikan supaya Tanaman anggrek Bisa tumbuh menghasilkan bunga yang indah.

Perhatikan Anggrek dari Daunnya

Hasil perawatan anggrek bulan Bisa dilihat dari warna daunnya. Bila daun anggrek bulan berwarna hijau berarti anggrek mendapatkan intensitas sinar matahari yang cukup.

Bila daun berwarna hijau tua berarti anggrek kurang mendapatkan intensitas cahaya matahari. Bila daun anggrek berwarna kecoklatan berarti anggrek tersebut kelebihan intensitas cahaya matahari seperti terbakar.

Jaga kelembaban Anggrek

Walaupun anggrek lebih suka di tempat kering, namun penyiramannya wajib tetap teratur supaya anggrek tumbuh dengan bagus.

wajib tetap kita ingat bahwa jumlah air yang merusak tanaman ini karena anggrek bulan hanya Bisa menerima tingkat kelembaban maksimum sebesar 70%.

Media tanam yang terlampau basah bisa menyebabkan anggrek membusuk di karenakan Fungi atau bakteri di media tanam semakin berkembang.

Jagalah Sirkulasi Udara

Hembusan angin yang pas (tak terlalu kencang) Bisa memacu pertumbuhan Tanaman anggrek bulan sehingga bunga tersebut akan mekar dengan sempurna.

Hembusan angin juga Bisa menjaga kondisi suhu dan kelembaban lingkungan. bila sirkulasi udara di tempat pemeliharaan anggrek kurang bagus, maka kita memasang kipas angin untuk menggantikan hembusan angin alami.

Durasi Penyiraman Wajib Tepat

Untuk penyiraman anggrek bulan sebaiknya dilakukan 2 atau 3 kali sehari saat udara sedang panas (kemarau). Cara penyiraman yang bagus yaitu penyiraman diarahkan langsung ke akar dengan memakai air Higienis di pagi dan sore hari. Jangan pernah gunakan air kotor untuk menyiram anggrek.

Jauhkan Anggrek dari Hama dan Penyakit

Untuk menghindari Agresi atau menghilangkan hama dan penyakit, kita wajib menjalankan penyemprotan insektisida dan fungisida setiap minggu hanya satu kali di sore hari.

Atur Jumlah Nutrisi

Pemupukan yang teratur dilakukan untuk menjaga ketersediaan asupan nutrisi untuk pertumbuhan anggrek bulan. Pemberian pupuk yang rutin Bisa membuat tanaman menjadi rajin berbunga.

Sebaiknya pupuk yang digunakan mengandung kalsium (Ca), Phospor (P), dan Kalium (K). Pemupukan dilakukan rutin setiap 2 minggu sekali.

Pupuk Bisa diberikan dengan cara dilarutkan atau disemprotkan dengan memakai sprayer. kita juga Bisa membagikan pupuk daun supaya anggrek bulan semakin tumbuh Fertile dan terlihat cantik.

Akar Bibit Bunga Anggrek

Setelah tiga bulan akar akan mulai tumbuh. Sangat sering akar tersebut menyembul keluar dari tanah. Saat melihat keadaan seperti ini mungkin dengan cara Impulsif kita akan memasukan kembali akar yang menyembul ke dalam tanah. Jangan lakukan hal itu di karenakan akan membahayakan Tanaman anggrek yang kita tanam. Sebaiknya kita memindahkan Tanaman tersebut ke dalam pot yang lebih besar.

Batang Bunga Anggrek

Selanjutnya, cara menanam anggrek bulan yaitu dengan mengecek batang bunga anggrek. Ada beberapa tanaman anggrek yang mempunyai batang yang tinggi.

Agar batang tersebut tak mudah roboh, kita bisa memakai tiang penyangga di batang. Tiang penyangga ini gunanya untuk memastikan batang anggrek tetap bisa berdiri tegak.

Menempatkan Di Suhu yang Tepat

Anggrek akan tumbuh dengan bagus di lokasi yang mempunyai suhu sekitar 14 derajat celcius hingga 36 derajat celcius. Rahasia paling utama supaya anggrek bulan bisa tumbuh segar setiap saat yaitu dengan menjaga suhunya supaya tetap terjaga.

Post a Comment for "Menanam Anggrek Bulan Dengan Media Pot"