Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memilih Benih Kedelai Berkualitas

Memilih Benih Kedelai Berkualitas - Dalam budidaya kedelai, hal paling fundamental yang wajib di perhatikan untuk menunjang keberhasilan hasil panen yang melimpah adalah dengan memilih benih kedelai yang berkualitas.

Memilih Benih Kedelai Berkualitas

Kenapa pemilihan benih atau bibit kedelai ini sangat mempengaruhi kualitas tanaman kedelai? Karena bibit yang unggul dan berkualitas merupakan bibit yang dipilih dan di sortir, jadi daya tumbuh bibit berkisar 80-100%.

Bila pemilihan benih kedelai tak tepat atau asal tanam aja tanpa menyortir dan memilih mana bibit terbaik, maka jangan berharap kita dapatkan hasil panen kedelai yang melimpah.

Jangankan untuk Bisa panen melimpah, bahkan untuk bisa tumbuh saja itu merupakan hal yang sulit. Tapi bila dalam pemilihan benih sangat diperhatikan, bagus dari segi kualitas ataupun kuantitasnya, maka untuk panen melimpah akan terwujud.

Pada umumnya, benih kedelai yang digunakan oleh petani merupakan berasal dari penyortiran sendiri dari hasil panen sebelumnya.

Ada juga petani yang memilih benih kedelai dengan cara membeli dari penyedia benih atau bibit. Lalu bagaimana sebenarnya cara tepat memilih benih kedelai yang bagus dan benar? Berikut ini kami akan membagikan sedikit cara tepat memilih benih kedelai berkualitas.

Perhatikan Kualitas Mutu

Dalam memilih benih kedelai, hal yang penting diperhatikan merupakan mutu dan kualitas benih. Bagaimana ciri-ciri benih bermutu dan berkualitas? Untuk ciri-ciri benih kedelai bermutu dan berkualitas adalah sebagai berikut:
  • Benih kedelai murni dan diketahui varietasnya
  • Daya tumbuh tinggi (kalau Bisa 85% keatas)
  • Biji kedelai sehat, sehatdalam arti mempunyai ciri-ciri seperti; berwarna mengkilap, tak keriput, bernas, dan tak terkontaminasi dengan bakteri.
  • Biji kedelai Higienis dan tak bercampur dengan benda lain.

Perhatikan Ciri-Cirinya

Selain itu kalian juga wajib tahu bagaimana ciri-ciri bibit kedelai berkualitas, adapun ciri-ciri bibit kedelai berkualitas antara lain bisa dilihat dari bentuk fisiknya sebagai berikut:
  • Bentuknya bulat : bibit kedelai yang bagus merupakan yang bentuknya bulat, sedangkan bibit yang pipih tak bagus digunakan untuk benih di karenakan daya tumbuh kurang bagus.
  • Kering : bibit kedelai yang bagus merupakan kering, jadi bila kalian memilih benih kedelai dari hasil panen, maka jemurlah hingga kering.
  • Berwarna kuning kecoklatan dan merata : kalau dilihat dari warnanya merupakan kuning kecoklatan dan warnanya merata dan mengkilap.
  • Bibit sudah tua : selain itu bibit yang bagus merupakan bibit yang sudah tua, bila bibit masih muda maka daya tumbuh kurang dan hasilnya kurang bagus.
  • Tak kopong (wajib padat) : ciri-ciri benih kedelai yang berkualitas selanjutnya merupakan wajib padat dan tak kopong, hal ini Bisa dirasakan dari beratnya.

Post a Comment for "Memilih Benih Kedelai Berkualitas"