>

Sistem Aquaponik dan Tips Untuk Mendapatkan Keuntungan

Sistem Aquaponik dan Tips Untuk Mendapatkan Keuntungan
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Sistem Aquaponik dan Tips Untuk Mendapatkan Keuntungan, mudah-mudahan isi postingan Artikel Perikanan, Artikel Pertanian, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Sistem Aquaponik - Aquaponik merupakan teknologi terbaru dalam bidang pertanian dan perikanan yang menggabungkan antara aquakultur (yang basisnya kolam) dengan hidroponik dalam kesatuan sistem yang sangat menguntungkan.
Sistem Aquaponik dan Tips Untuk Mendapatkan Keuntungan

Berbicara soal aquaponik sama saja berbicara tentang sirkulasi karena aquaponik itu memanfaatkan sirkulasi dalam sistem dari kolam ke tanaman balik lagi ke kolam.

Oleh karena itu, mesin pompa sangat berperan penting dalam sistem ini dan penyediaan air yang optimal juga menunjang untuk keberhasilan sistem ini.

Teknologi  sistem aquaponik ini merupakan simbiosis mutualisme yang berarti ada hubungan yang saling menguntungkan antara ikan dan tanaman. Dalam melakukan sistem aquaponik, berikut tips mendapatkan 2 keuntungan dengan aquaponik:

Untuk Budidaya Ikan

Saya menyarankan untuk berbudidaya ikan yang mudah serta murah meriah untuk dibudidayakan. Selain itu, ikan yang dibudidayakan juga harus mudah dipasarkan agar nantinya tidak sulit saat memasarkannnya .

Selanjutnya, saya menyarankan juga agar ikan yang dibudidaya dipastikan permintaan pasarnya besar karena dengan begitu ikan yang kita budidayakan akan lebih mudah laku dipasaran.

Nah, untuk ikan yang cocok dibudidayakan pada sistem aquaponik ini adalah sebagai berikut:
  • Ikan Lele
  • Ikan Mujair
  • Ikan Bawal
  • Ikan Kembung
  • Ikan Mas

Untuk Budidaya Tanaman

Untuk aquaponik pada budidaya tanaman, disini saya menyarankan 2 metode yang sangat menguntungkan, berikut metodenya :

Budidaya Tanaman Sayuran

Tidak bisa dipungkiri tanaman sayuran saat ini masih sangat dibutuhkan dipasaran meskipun harga dari dari sayuran memang rendah.

Namun, jika penjualannya banyak pasti akan memberikan keuntungan yang besar juga. Selain itu, pemeliharaan tanaman sayuran juga tergolong mudah.

Apalagi jika menggunakan hidroponik, yang minim perawatan dan kalian tidak perlu menambahkan pupuk, karena pupuk alami sudah ada yaitu kotoran ikan.

Disinilah letak keuntungan menggunakan sistem aquaponik. Nah, berikut tanaman sayuran yang bisa kalian lakukan untuk sistem aquaponik yang menguntungkan:
  • Budidaya Sawi
  • Budidaya Kangkung
  • Budidaya Bayam
  • Budidaya Cabai
  • Budidaya Timun
  • Budidaya Tomat

Budidaya Tanaman Hias

Tanaman hias saat ini masih tergolong mahal harganya dan ternyata tanaman hias bisa memakai sistem hidroponik sehingga bisa kita masukan ke sistem aquaponik ini.

Hal ini merupakan suatu keuntungan bagi kalian yang ingin melakukan budidaya tanaman hias menggunakan sistem aquaponik.

Kenapa demikian? karena seperti yang saya katakan diawal, tanaman ini masih tergolong mahal harganya dan tanaman hias juga bisa menghilangkan stress dan dapat menambah nilai estetika dari suatu tempat.

Nah, berikut tanaman hias yang bisa kalian lakukan menggunakan sistem aquaponik:
  • Keladi Red Star
  • Anggrek
  • Aglaonema
  • Bambu Jepang 
  • Suplir

Selain itu, untuk melakukan sistem aquaponik, ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui untuk membantu menunjang sistem aquaponik:

Kolam

Sebagai tempat pembudidayaan ikan yang nantinya akan menghasilkan pupuk alami yaitu kotoran ikan dan akan berguna sebagai pupuk organik bagi tanaman.

Pompa

Ini yang paling penting karena memiliki fungsi untuk membantu sirkulasi dalam sistem aquaponik ini. Jika tidak menggunakan pompa, air tidak bisa naik ke atas atau ke tanaman atau bahkan yang paling parah air tidak bisa kembali lagi ke kolam.

Pipa

pipa ini berfungsi untuk mengaliri air, jadi sirkulasi menjadi terus bisa berjalan terus.

Media Tanam

Media tanam yang dimaksud disini bukan tanah melainkan kerikil atau pasir karena disini memakai sistem hidroponik bukan menggunakan metode konvesional.

Bibit

Kalian juga memerlukan bibit baik bibit ikan maupun bibit tanaman karena di sistem aquaponik kita secara otomatis membudidayakan 2 komoditas yaitu ikan dan tanaman.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Sistem Aquaponik dan Tips Untuk Mendapatkan Keuntungan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel