>

Mengenal Tanaman Pepaya California/Calina

Mengenal Tanaman Pepaya California/Calina
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Mengenal Tanaman Pepaya California/Calina, mudah-mudahan isi postingan Artikel Pertanian, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Mengenal Tanaman Pepaya California/Calina - Pepaya california/calina termasuk jenis buah dan sayuran yang sudah lama dikenal di tanah air. Meskipun begitu pepaya pepaya jenis ini bukanlah tanaman asli indonesia.
Mengenal Tanaman Pepaya California/Calina

Pusat penyebaran pepaya california/calina diduga asli dari meksiko bagian selatan hingga Nikaragua. Diperkirakan apa yang disebarkan oleh pelayr pelayar portugis pada abad ke 16.

Mulai dari afrika selatan, kepulauan hawai, india, hingga australia dan selanjutnya ke berbagai negara tropis lain dan pepaya jeis ini sudah dikenal sejak abad ke 17.

Penjelajah bangsa eropa yang memiliki hubungan dagang dengan amerika menyebarkan biji-biji ​pepaya tersebut di wilayah kolonialnya.

Pada dasarnya tanaman jenis ini bersifat tahunan ini dapat tumbuh dimana saja dan dapat di jumpai hampir di setiap daerah, baik yang tumbuh liar maupun sengaja ditanam.

Tak jarang tanaman ini sering terlihat tumbuh di halaman halaman dan kebun kebun pekarangan.Pepaya california/calina berkembang menjadi komoditas yang diunggulkan.

Dalam klasifikasi botani pepaya california/calina termasuk dalam famili caricaceae. Famili ini memiliki empat jenis yaitu carica carilah jakaranda. Carica pertama merupakan tanaman asli amerika tropis, sedangkan yang keempat berasal dari afrika

Kerabat dekat pepaya california/calina biasa adalah pepaya gunung, pepaya dieng, pepaya selingkuh atau carica, buah tersebut banyak tumbuh di pegunungan dieng jawa tengah.

Pepaya gunung atau carica buahnya kecil dan rasanya asam memiliki kandungan vitamin C dan serat yang tinggi, buah ini tidak bisa dikonsumsi langsung.

Biasanya diolah menjadi sirup, jus, manisan buah dan salah satu perbedaannya dengan pepaya california/calina biasa adalah teksturnya yang liat dan rasanya yang asam.

Nama pepaya california/calina dalam bahasa indonesia diambil dari bahasa belanda yaitu papaya. Di beberapa daerah di indonesia pepaya california/calina dikenakan beberapa nama lokal seperti: kates, gandul dan gedang.

Morfologi tanaman pepaya california/calina yaitu pepaya tumbuh tegak berbatang tunggal dan bertajuk rimbun, tanaman ini termasuk perdu dengan Perakaran kuat dan tidak memiliki percabangan.

Untuk daun tanaman pepaya california/calina tersusun secara alami ujung pohon. bentuk dan susunan fisik pepaya california/calina tergolong kaku.

Umur tanaman sampai berbunga tergolong tanaman buah buahan semusim. Tetapi dapat tumbuh setahun atau lebih.

Untuk batang tanaman pepaya california/calina tidak berkayu, pepaya california/calina memiliki batang bersifat basah, tidak berkayu, lurus berbuku buku, silindris,Perakaran berwarna putih kehijauan, serta mengandung banyak getah dan berair.

Tinggi tanaman pepaya california/calina antara 5 sampai 10 m. Dengan diameter 10 sampai 30 cm batangnya tunggal.Tidak memiliki percabangan. Namun jika batang atas ditebang batang juga dapat bercabang. Cabangnya juga dapat menghasilkan buah.

Untuk perakaran tunggang, pepaya california/calina berakar tunggang. Akar cabang yang tumbuh mendatar ke semua arah di kedalaman hingga 50 cm.

Akar pepaya california/calina menyebar 60 sampai 150 senti dari pusat batang. Tanamanpepaya california/calina juga memiliki perakaran yang kuat tidak berkayu dan berwarna putih kekuningan.

Perkembangan akar membutuhkan tanah yang gembur, kecupan air pada musim kemarau dan air tidak mengenang pada musim hujan.

Daun tanaman pepaya california/calina tersusun spiral menutupi ujung batang. Daunnya termasuk tunggal, bulat, ujung meruncing, pangkalbertoreh dan memiliki bagian tepi bergerigi.

Diameter daun berkisar 20 sampai 75 cm. Daun pepaya california/calina ditopang oleh tangkai daun yang berhubungan dengan batang. Panjang sekitar 25 hingga 100 cm.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Mengenal Tanaman Pepaya California/Calina"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel