>

Budidaya Jahe Merah Bisa Memanfaatkan Halaman Depan Rumah

Budidaya Jahe Merah Bisa Memanfaatkan Halaman Depan Rumah
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Budidaya Jahe Merah Bisa Memanfaatkan Halaman Depan Rumah, mudah-mudahan isi postingan Artikel Pertanian, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Budidaya Jahe Merah - Memiliki rumah yang nyaman tentu saja menjadi idaman bagi setiap orang, terkadang jika memiliki lahan yang luas biasanya banyak orang yang bingung untuk memanfaatkan halaman rumah yang lebih tersebut.
Budidaya Jahe Merah Bisa Memanfaatkan Halaman Depan Rumah

Namun anda tidak perlu bingung lagi karena sekarang ini anda bisa dengan memanfaatkan lahan tersebut dengan tanaman jahe merah. 

Tanaman jahe merah ini memang memberikan kesan yang cukup menarik, oleh karena itu banyak juga orang yang memanfaatkan kelebihan dari halaman rumah menggunakan tanaman jahe merah. 

Selain sebagai tanaman di halaman rumah, nantinya jika sudah besar, maka bisa dimanfaatkan juga untuk berbagai keperluan. Selain itu bisa juga dipergunakan sebagai lahan budidaya jahe merah karena tanaman jahe merah sendiri tidak membutuhkan lahan yang luas. 

Untuk melakukan budidaya jahe merah sendiri memang sudah dilakukan bermacam-macam Negara seperti Srilanka, Cina, Mesir, Yunani, Australia, India, Indonesia, Jepang, Meksiko, Pakistan, Nigeria dan juga Jamaika. 

Untuk cara budidaya jahe merah sendiri juga bisa dibilang mudah sehingga banyak sekali orang yang sudah melakukannya dan hal tersebut ternyata memberikan banyak sekali keuntungan. Sifat dari jahe merah sendiri mudah untuk dibudidaya dan juga memberikan banyak manfaat dan juga khasiat. 

Adapun beberapa manfaat dan juga khasiat dari jahe merah sendiri adalah menghangatkan tubuh saat kedinginan, melegakan tenggorokan, membantu menjaga daya tahan tubuh manusia, mengurangi sakit flu, membantu mengobati beberapa penyakit yang lainnya dan juga masih banyak sekali yang lainnya. 

Selain itu sifat dari jahe merah sendiri juga mudah untuk ditanam meskipun lahan yang dimiliki sempit dan tidak cukup luas. Lahan di halaman rumahpun bisa juga digunakan untukbudidaya jahe merah dan bisa juga sukses serta berhasil.

Namun untuk bisa mendapatkan jahe merah yang berkualitas dan juga baik tentu saja membutuhkan beberapa hal mulai dari bibit jahe merah, lahan, penanaman, perawatan sampai dengan pemanenannya.

Cara Menanam Dan Merawat Jahe Merah

Untuk bisa budidaya jahe merah sendiri memang dibutuhkan beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan, hal tersebut karena nantinya akan bisa membuat budidaya jahe merah akan berhasil dan juga memberikan hasil yang lebih maksimal. 

Oleh karena itu berikut ini adalah beberapa cara menanam untuk budidaya jahe merah dan juga perawatannya itu sendiri:
  • Menyiapkan beberapa alat seperti plastic polybag, plastic polybag sendiri akan sangat baik untuk digunakan sebagai media tanaman, selain itu nantinya juga bisa dimanfaatkan untuk lahan yang tidak terlalu luas seperti pada halaman rumah, tanah, pupuk organic dan sekam secukupnya.
  • Mencampurkan bahan seperti tanah dan juga pupuk serta sekam dengan perbandingan 3 banding 1 dalam artian 3 ember tanah dan juga 1 ember pupuk dan 1 ember sekam.
  • Siapkan bibit jahe merah yang akan digunakan dan simpan di tempat yang lembab serta tertutup, setelah tumbuh tunas, maka potong menjadi beberapa bagian kecil dan perbibit usahakan terdapat dua tunas kemudian rendam tunas tersebut di dalam larutan agrimicin 0,1% selama kurang lebih 8 jam, kemudian angkat dan keringkan tunas tesebut.
  • Setelah itu masukan tanah yang sudah dicampurkan tadi, ke dalam plastic polybag, di dalam pengisiannya adalah 3/8 plastik polybag tersebut setelah itu sisipkan bibit jahe merah yang berupa tunas jahe tersebut ke dalam tanah yang ada di dalam plastic polybag tersebut.
  • Bibit jahe merah tersebut nantinya akan mulai tumbuh pada 3 bulan kemudian, namun selama dalam masa 3 bulan tersebut, harus disirami secara rutin, hal tersebut dilakukan agar nantinya jahe merah dan tanah dapat menyatu dengan baik.
  • Setelah itu perawatan harus dilakukan dengan cara menyirami dan juga pemberian pupuk organic atau pupuk urea dengan takaran 1 sendok teh perpolybag namun jika sudah memasuki usia 3 bulan, maka kurangi takarannya menjadi setengah sendok teh perpolybagnya.
  • Setelah itu juga dilakukan perawatan dengan selalu mengecek air yang ada di dalam plastic polybag jangan sampai menggenangi jahe karena akan mengakibatkan jahe merah busuk dan selalu rawat agar tidak terserang penyakit/hama.
  • Untuk memanen jahe merah sendiri, biasanya sudah bisa mulai dipanen pada saat jahe merah berusia 8 bulan.

Manfaat Budidaya Jahe Merah Di Halaman Rumah

Jadi di dalam budidaya jahe merah sendiri memang tidak terlalu sulit dan bisa dipelajari oleh siapapun, hal tersebut karena keperluan untuk membudidayakan jahe merah sangat simple dan bisa ditemukan di berbagai tempat. 

Selain itu anda juga tidak perlu lagi untuk mencari lahan yang luas karena anda bisa melakukan budidaya jahe merah di halaman rumah karena meskipun tempatnya cenderung sempit, jahe merah tetap bisa tumbuh dengan baik dan juga memberikan hasil yang sangat maksimal dan juga bisa menguntungkan. 

Hanya saja yang perlu diperhatikan di dalam membudidayakan jahe merah adalah cara penanamannya sampai dengan pemanenannya. 

Dengan selalu memperhatikan dan merawat jahe merah selama masa kurang lebihnya 8 bulan tersebut bisa dirawat dengan baik, maka hasilnya nanti juga akan maksimal. 

Dan untuk budidaya jahe merah di halaman rumah, nantinya akan memeberikan pemandangan yang unik dan juga menarik karena untuk jahe merah sendiri memiliki daun yang hijau seperti ilalang kecil yang nantinya bisa membuat pemandangan dari halaman rumah tampak lebih hijau dan juga menarik serta unik. 

Selain itu nantinya jika sudah dipanen, selain untuk keperluan bisnis, jahe merah ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit ringan seperti meredakan flu, sakit tenggorokan, menghangatkan badan dan masih banyak lagi yang lainnya.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Budidaya Jahe Merah Bisa Memanfaatkan Halaman Depan Rumah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel