Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tanah yang Baik Untuk Tanaman Cabai

Tanah yang Baik Untuk Tanaman Cabai - Tanaman cabai rawit tumbuh di tanah dataran rendah sampai menengah. 

Tanah yang Baik Untuk Tanaman Cabai

Untuk tumbuhan yang optimal tanaman cabai membutuhkan intensitas cahaya matahari sekurangkurangnya selama 10-12 jam. 

Suhu yang paling ideal untuk perkecambahan benih cabai adalah 25-30 0C, sedangkan untuk pertumbuhannya 24-28 0C.

Walaupun tanaman cabai tumbuh baik di musim kemarau tetapi juga memerlukan pengairan yang cukup. Adapun curah hujan yang dikehendaki yaitu 800-2000 mm/tahun.

Ketinggian tempat untuk penanaman cabai adalah adalah dibawah 1400 m dpl. Berarti cabai dapat ditanam pada dataran rendah sampai dataran tinggi (1400 m dpl). 

Di daerah dataran tinggi tanaman cabai dapat tumbuh, tetapi tidak mampu berproduksi secara maksimal.

Tanaman cabai akan tumbuh baik pada tanah yang kaya humus, subur, gembur dan terang serta pH antara 5-6. 

Tanaman cabai tidak tahan pada kondisi tanah yang becek karena akan mudah terserang penyakit layu dan pernafasan akar akan terganggu. 

Tanaman cabai rawit tumbuh baik pada tanah yang : Berstruktur remah/gembur, lempung berpasir dan kaya bahan organik; pH 5,0-7,0 optimal 6,0-6,5. 

Bila pH dibawah 5,0 perlu ditambahkan kapur sebanyak 2-4 ton/ha. Penambahan kapur sangat tergantung dari pH tanah yang dikehemdaki. 

Contoh pH tanah awal 5,0 sedang pH yang diinginkan 5,5 maka perlu ditambahkan kapur sebesar 2 ton/ha, sedangkan jika pH yang diinginkan 6,0 maka perlu ditambahkan kapur sebesar 4 ton/ha. 

Paling cocok ditanam pada dataran dengan ketinggian 0-500 meter dpl. Curah hujan 600-1.250 mm/tahun. 

Suhu udara rata-rata tahunan berkisar antara 18-30 0C. Kelembaban 60-80%. Cabai sangat sesuai ditanam pada tanah yang datar. Dapat juga ditanam pada lerenglereng gunung atau bukit. 

Tetapi kelerengan lahan tanah untuk cabai adalah antara 0-10 (kemiringan) Tanaman cabai juga dapat tumbuh dan beradaptasi dengan baik pada berbagai jenis tanah, mulai dari tanah berpasir hingga tanah liat.

Akan tetapi tanah yang cocok adalah tanah yang mengandung unsur-unsur pokok yaitu unsure N dan K, Pertumbuhan akan terhambat jika suhu harian di areal budidaya terlalu dingin. Tanaman cabai dapat tumbuh pada musim kemarau apabila dengan pengairan yang cukup dan teratur.

Post a Comment for "Tanah yang Baik Untuk Tanaman Cabai"