>

Tanah yang Baik Untuk Tanaman Cabai

Tanah yang Baik Untuk Tanaman Cabai
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Tanah yang Baik Untuk Tanaman Cabai, mudah-mudahan isi postingan Artikel Pertanian, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Tanah yang Baik Untuk Tanaman Cabai - Tanaman cabai rawit tumbuh di tanah dataran rendah sampai menengah. 
Tanah yang Baik Untuk Tanaman Cabai

Untuk tumbuhan yang optimal tanaman cabai membutuhkan intensitas cahaya matahari sekurangkurangnya selama 10-12 jam. 

Suhu yang paling ideal untuk perkecambahan benih cabai adalah 25-30 0C, sedangkan untuk pertumbuhannya 24-28 0C.

Walaupun tanaman cabai tumbuh baik di musim kemarau tetapi juga memerlukan pengairan yang cukup. Adapun curah hujan yang dikehendaki yaitu 800-2000 mm/tahun.

Ketinggian tempat untuk penanaman cabai adalah adalah dibawah 1400 m dpl. Berarti cabai dapat ditanam pada dataran rendah sampai dataran tinggi (1400 m dpl). 

Di daerah dataran tinggi tanaman cabai dapat tumbuh, tetapi tidak mampu berproduksi secara maksimal.

Tanaman cabai akan tumbuh baik pada tanah yang kaya humus, subur, gembur dan terang serta pH antara 5-6. 

Tanaman cabai tidak tahan pada kondisi tanah yang becek karena akan mudah terserang penyakit layu dan pernafasan akar akan terganggu. 

Tanaman cabai rawit tumbuh baik pada tanah yang : Berstruktur remah/gembur, lempung berpasir dan kaya bahan organik; pH 5,0-7,0 optimal 6,0-6,5. 

Bila pH dibawah 5,0 perlu ditambahkan kapur sebanyak 2-4 ton/ha. Penambahan kapur sangat tergantung dari pH tanah yang dikehemdaki. 

Contoh pH tanah awal 5,0 sedang pH yang diinginkan 5,5 maka perlu ditambahkan kapur sebesar 2 ton/ha, sedangkan jika pH yang diinginkan 6,0 maka perlu ditambahkan kapur sebesar 4 ton/ha. 

Paling cocok ditanam pada dataran dengan ketinggian 0-500 meter dpl. Curah hujan 600-1.250 mm/tahun. 

Suhu udara rata-rata tahunan berkisar antara 18-30 0C. Kelembaban 60-80%. Cabai sangat sesuai ditanam pada tanah yang datar. Dapat juga ditanam pada lerenglereng gunung atau bukit. 

Tetapi kelerengan lahan tanah untuk cabai adalah antara 0-10 (kemiringan) Tanaman cabai juga dapat tumbuh dan beradaptasi dengan baik pada berbagai jenis tanah, mulai dari tanah berpasir hingga tanah liat.

Akan tetapi tanah yang cocok adalah tanah yang mengandung unsur-unsur pokok yaitu unsure N dan K, Pertumbuhan akan terhambat jika suhu harian di areal budidaya terlalu dingin. Tanaman cabai dapat tumbuh pada musim kemarau apabila dengan pengairan yang cukup dan teratur.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Tanah yang Baik Untuk Tanaman Cabai"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel