>

Media Tanam Khusus Untuk Tanaman Anggrek Bulan

Media Tanam Khusus Untuk Tanaman Anggrek Bulan
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Media Tanam Khusus Untuk Tanaman Anggrek Bulan, mudah-mudahan isi postingan Artikel Pertanian, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Media Tanam Khusus Untuk Tanaman Anggrek Bulan - Budidaya anggrek pada umumnya menggunakan pot yang berbahan dasar tanah liat dengan media tanam arang. 
Media Tanam Khusus Untuk Tanaman Anggrek Bulan

Pot tanah memiliki keunggulan yakni tidak panas dan dapat merembeskan air siraman anggrek. Dalam melakukan budidaya anggrek, media tanamnya yakni bisa menggunakan arang kayu, pakis ataupun pecahan bata dan genting. 

Untuk penanaman bibit anggrek yang baru keluar dari botol, maka harus menggunakan pakis lembut dan arang kayu yang terlebih dulu dipanaskan biar steril dari bakteri dan hewan lainnya. 

Bibit dari botol dikeluarkan secara perlahan, dan ditanam dalam kompot dengan media tanamnya yakni bagian bawah pot adalah arang kayu, dan bagian atasnya pakis lembut, disini difokuskan akar bibit anggrek agar tertutup pakis lembut dan dibiarkan terjaga lembab.

Bibit yang di kompot dibiarkan selama sekitar 1-2 bulan dan baru dipindah dalam single pot. Penanaman dalam single pot ini dilakukan satu per satu dalam satu pot tanah.

Untuk penanaman bibit anggrek usia remaja yakni sekitar 6 bulanan, juga sama halnya dengan bibit anggrek botolan, yakni ditanam dalam campuran media tanam arang kayu : pakis kasar perbandingan 2:1. 

Akan lebih baik jika ditanam dengan media arang kayu saja, karena arang kayu disini memiliki beberapa keunggulan bagi anggrek. 

Diantaranya yakni mampu mendorong pembentukan akar baru, aerasi dan drainasenya sangat baik, mampu menyimpan air dengan baik, tidak mudah lapuk dan berjamur, dan tidak mengandung zat racun berbahaya bagi anggrek.

Untuk menanam anggrek bulan¸ada media tanam khusus untuk tanaman anggrek bulan yang perlu kalian pahami sebagai berikut.

Media Untuk Anggrek Ephytis dan Semi Ephytis

  • Serat pakis yang telah digodog (agar bakteri mati)
  • Kulit kayu tanpa getah (bebas getah)
  • Serabut kelapa yang telah direndam air selama 2 minggu
  • Ijuk
  • Potongan batang pohon enau
  • Arang kayu / pecahan batu bata

Bahan-bahan tersebut disesuaikan dengan ukuran besar kecilnya tanaman terutama banyak sedikitnya akar tanaman. 

Untuk anggrek Semi Ephytis yang akarnya menempel pada media untuk mencari makanan, perlu diberi makanan tambahan seperti kompos, pupuk kandang / daundaunan.

Media untuk Anggrek Terrestria

Jenis anggrek seperti ini yakni mampu hidup di tanah, maka perlu ditambahkan pupuk kompos, sekam, pupuk kandang, pakis dan lainnya. Pada dasarnya, anggrek terrestria ini mampu hidup dengan media tanah yang biasa (gembur).

Media Untuk Anggrek Semi Terrestria

Bahan tanam untuk anggrek ini perlu pecahan genteng dan bata yang agak besar, ditambah pupuk kandang, sekam dan serutan kayu.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Media Tanam Khusus Untuk Tanaman Anggrek Bulan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel