Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menanam Anggur Di Halaman Rumah

Cara Menanam Anggur Di Halaman Rumah - Kita tahu sendiri anggur merupakan salah satu tanaman primadona bagi para penghobi tanaman buah, karena tanaman ini sangat mudah dipelihara serta mudah untuk mengkreasikan sesuai keinginan kita.

Cara Menanam Anggur Di Halaman Rumah

Pada umumnya menanam anggur di halaman rumah tidak begitu sulit jika kalian bisa merawatnya dengan baik karena jika kalian merawatnya dengan benar agar tanaman dapat tumbuh optimal dan menghasilkan buah.

Menanam anggur di halaman rumah dapat memberikan banyak manfaat, karena buahnya yang bisa kalian konsumsi dan membuat halaman rumah menjadi sejuk serta terlihat lebih asri. 

Bagi kalian tertarik untuk menanam anggur di halaman rumah, berikut cara menanaman anggur di halaman rumah yang perlu kalian ketahui.

Persiapan Tanam

Sebelum menanam anggur dihalaman rumah, Kalian perlu membersihkan lahan yang akan digunakan dari rumput dan gulma dan buat lubang tanam dengan ukuran 60 cm × 60 cm × 60 cm. 

Tanah bagian atas dicampur dengan pupuk kandang dan pasir dengan perbandingan jumlah yang sama. Setelah itu, diamkan selama dua minggu sebelum tanam. 

Kalian juga bisa memberikan kapur dan insektisida saat satu minggu sebelum tanam. Siapkan bibit yang sudah siap tanam dengan ciri-ciri berumur 3-4 bulan dan berdaun 7-10 helai. 

Jika ada lebih dari satu pohon, Kalian perlu menanamnya dengan jarak antar lubang tanam 4m × 4m. Pasang kawat para-para dengan tinggi 1,75-2 m sebagai tempat merambat tanaman.

Proses Penanaman

Bibit anggur sebaiknya ditanam pada sore atau pagi hari untuk menghindari tanaman stres dengan cara masukkan bibit tanaman ke lubang tanam. 

Lakukan pemangkasan pada daun dan batang tanaman yang terlalu lebat, kemudian sisakan satu mata tunas pada batang utama kemudian tutup lubang tanam dengan tanah dan siram.

Pemeliharaan

Pada masa vegetatif, tanaman perlu disiram minimal sehari sekali dengan volume air yang tidak berlebihan. 

Berikan penopang pada batang utama berupa ajir yang tegak lurus untuk membantu batang tanaman tumbuh ke atas. 

Gulma yang tumbuh di sekitar tanaman harus segera disiangi agar tidak berkompetisi dengan tanaman anggur.

Tanaman perlu diberikan pupuk kandang sebanyak 50 kg/pohon setiap tiga bulan sekali dan NPK sebanyak 20 kg/pohon, serta urea 20 kg/pohon setiap dua minggu sekali. 

Lakukan penggemburan tanah setiap seminggu sekali dengan cangkul secara hati-hati agar tidak melukai akar tanaman.

Pada masa generatif hingga buah anggur siap dipetik, tanaman perlu disiram air lebih banyak sehingga penyiraman perlu dilakukan dua kali sehari saat tidak hujan. 

Berikan pupuk yang mengandung unsur K, pupuk kandang sebanyak 100 kg/pohon setiap tiga bulan sekali, dan urea 100 gram/pohon setiap dua minggu sekali.

Post a Comment for "Cara Menanam Anggur Di Halaman Rumah"