>

Manfaat MSG / Vetsin Bagi Tanaman

Manfaat MSG / Vetsin  Bagi Tanaman
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Manfaat MSG / Vetsin Bagi Tanaman, mudah-mudahan isi postingan Artikel Pertanian, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Manfaat MSG / Vetsin  Bagi Tanaman - Mungkin banyak yang tidak tahu mengenai manfaat MSG atau yang kerap kali disebut vetsin  dalam memacu pertumbuhan tanaman. 
Manfaat MSG / Vetsin  Bagi Tanaman

Monosodium glutamat yang sering disebut vetsin adalah garam sodium dari asam glutamate. Asam glutamate adalah suatu asam amino yang merupakan salah satu komponen penting yang dibutuhkan tubuh. 

MSG dibuat dari tetes sampingan tebu (molasses) yang merupakan hasil sampingan gilingan tebu. MSG mudah larut dalam air. 

MSG muda bersenyawa dengan asam amino lainnya yang akan membentuk protein. Biasanya MSG digunakan untuk memberikan rasa sedap pada makanan. 

MSG lebih dikenal dimasyarakat dengan nama vetsin. Vetsin ini memiliki berbagai merk dagang seperti : Ajinomoto, Sasa, Miwon, Masako, Mata roda dan lain sebagainya. 

MSG dapat digunakan sebagai pupuk pada tanaman karena MSG mengandung unsur-unsur hara yang dibutuhkan tanaman, khususnya unsur makro. 

Dari rumus kimia diatas diketahui bahwa MSG memiliki unsur-unsur seperti : C, H, O, N, dan Na yang sangat dibutuhkan tanaman. 

Unsur hara yang paling banyak dibutuhkan tanaman adalah unsur N. Unsur N berguna untuk merangsang pertumbuhan tanaman khususnya batang, cabang, dan daun. 

Secara mikroskopis unsur N diperlukan untuk pembentukan protein, lemak, dan berbagai senyawa organik lainnya dalam tanaman.

MSG tidak mencemari lingkungan sekitar tanaman baik tanah, air, maupun udara. Kandungan pH tanah tetap stabil, kemurnian air tetap dalam ambang batas normal serta kadar residu udarapun tetap aman. 

Hal ini karena MSG terbuat dari tetes tebu,yang berasal dari hasil pengolahan tebu yang digunakan untuk membuat gula. 

Bahan pembuat MSG yang berasal dari alam khususnya bahan nabati, maka larutan MSG yang disiramkan pada tanah sebagai pupuk akan terurai bersama zat-zat alam lain. 

Lain halnya dengan pupuk buatan pabrik seperti : Urea, TSP, ZA, KCL, dll. Bahan-bahan pupuk buatan ini berasal dari bahan kimia yang dapat mencemari lingkungan sekitar tanaman.

Pupuk MSG ini juga lebih ekonomis dibandingkan dengan pupuk buatan pabrik. Dalam sekali pemupukan hanya memerlukan 12-30 gr MSG, jadi biaya yang harus dikeluarkan dalam satu kali pemupukan yakni Rp 400,- hingga Rp 600,-.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Manfaat MSG / Vetsin Bagi Tanaman"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel