>

Managemen Pakan Pada Ternak Domba

Managemen Pakan Pada Ternak Domba
Managemen Pakan Pada Ternak Domba - Pakan menjadi salah satu faktor kunci keberhasilan usaha peternakan, memegang kontribusi 60-70% dari biaya produksi. 
Managemen Pakan Pada Ternak Domba

Oleh karena itu ketepatan dalam pemberian pakan baik dari sisi jumlah, kebutuhan nutrisi, frekuensi pemberian yang diperlukan oleh domba sesuai dengan tujuan pemeliharaanya mutlak perlu diketahui oleh peternak.

Pemberian pakan dan minum domba bertujuan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi domba selama proses produksi sesuai dengan tujuan pemeliharaanya.

Penyiapan Pakan

Melaksanakan kegiatan pembelian dan penerimaan mulai dari penentuan kualifikasi pakan (jumlah, waktu, dan komposisi nutrisi), pembelian pakan, penerimaan dan penyimpanan, sampai dengan pengecekan kualitas fisik pakan untuk memastikan tersedianya pakan untuk domba pada seluruh bagian produksi cukup, memenuhi kualifikasi yang baik dan aman.

Pemberian Pakan

Melaksanakan kegiatan pembuatan feed ticket distribusi pemberian pakan meliputi jenis, jumlah, peruntukannya dan waktu pemberiannya. 

Pemberian pakan dengan metode penggembalaan atau grazing hanya dilakukan untuk kelompok domba dara dan induk proses kawin jika cuaca memungkinkan (tidak hujan/ rumput basah) untuk memastikan kecukupan nutrisi dan pakan untuk ternak domba sesuai dengan tujuan pemeliharaanya.

Evaluasi Pakan

Melaksanakan kegiatan pembersihan pakan, penimbangan sisa pakan, pemeriksaan pertambahan bobot badan, dan pemeriksaan kualitas karkas untuk memberikan saran sebagai tindakan perbaikan dalam pemberian pakan dalam memenuhi target indikator produksi meliputi peningkatan ADG dan kualitas karkas.

Sumber :

  1. Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia. Buku Panduan Teknis Usaha Budidaya Domba Model Klaster.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Managemen Pakan Pada Ternak Domba"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel