>

Managemen Penggemukan Domba

Managemen Penggemukan Domba
Managemen Penggemukan Domba - Proses produksi penggemukan bertujuan untuk menghasilkan domba pedaging yang ditujukan untuk keperluan konsumsi harian, aqiqah dan qurban.
Managemen Penggemukan Domba

Pengadaan Bakalan

Melaksanakan kegiatan pembelian dan penerimaan domba melalui penentuan spesifikasi domba yang dibutuhkan baik jumlah, jenis domba, harga, bobot, dan treatment tambahan berupa program kesehatan dan recording untuk memastikan ketersediaan domba bakalan untuk proses penggemukan.

Proses Rekondisi 

Melaksanakan kegiatan rekondisi dan pengasingan selama 10 hari dan/atau tindakan sebagai upaya pencegahan masuk dan tersebarnya hama dan penyakit hewan dari luar sebelum masuk ke area produksi melalui desinfeksi kandang dan domba, pencukuran, pemeriksaaan kesehatan domba, pemberian obat cacing dan obat anti stres, pemberian pakan hijauan selama 24 jam, dan penimbangan bobot domba untuk memastiakan domba yang akan dibudidaya penggemukan sehat dan bebas dari penyakit berbahaya.

Budidaya Penggemukan

Melaksanakan kegiatan pemberian pakan dan minum, pengecekan pertamabahan bobot badan (ADG) secara berkala, pengecekan kesehatan domba dan program kesehatan domba seperti pemberian obat cacing spektrum luas dan pemberian vitamin, pembersihan kandang dan beding serta segala sesuatu yang dibutuhkan untuk memastikan domba yang dipelihara sehat dan gemuk sesuai dengan target capaian produksi.

Penyiapan (Seleksi) Domba Siap Jual 

Melaksanakan kegiatan penimbangan bobot domba, pengecekan kesehatan dan seleksi domba serta segala sesuatu yang dibutuhkan untuk memastikan tersedianya domba siap jual untuk kebutuhan qurban, aqiqah dan pedaging konsumsi harian.

Sumber:

  1. Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia. Buku Panduan Teknis Usaha Budidaya Domba Model Klaster.

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Managemen Penggemukan Domba"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel