>

Pakan Ayam KUB Pedaging dan Ayam KUB Petelur

Pakan Ayam KUB Pedaging dan Ayam KUB Petelur
Pakan Ayam KUB Pedaging dan Petelur - Ayam KUB merupakan ayam yang mampu mengonversi pakan lebih efektif daripada ayam kampung biasa. Selain itu, ayam ini lebih adaptif terhadap perubahan pakan sehingga meminimalkan stres karena perubahan pakan.
Pakan Ayam KUB Pedaging dan Ayam KUB Petelur

Pakan Ayam KUB Pedaging

Agar dapat menghasilkan pertumbuhan bobot yang optimal sebagai ayam kampung pedaging unggul, KUB pedaging membutukan zat-zat gizi optimum selama masa pemeliharaannya.

Pakan untuk ayam KUB pedaging dapat dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan umur ayam, yaitu pakan starter dan pakan finisher.

Pakan starter dapat diberikan pada ayam sejak DOC sampai umur 21 hari. Selanjutnya diberikan pakan finisher.

Pakan starter untuk ayam KUB pedaging dapat menggunakan pakan ayam broiler starter komersial yang bisa didapatkan di berbagai toko penjual pakan (poultry).

Pemberian pakan starter dapat mendorong pertumbuhan bobot dan organ-organ tubuh ayam KUB secara maksimal sehingga pertumbuhan ayam maksimal sampai panen.

Setelah berumur 21 hari, ayam dapat diberikan pakan finisher berupa campuran antara ransum broiler starter, jagung kuning, dedak padi, dan top mix komersial.

Perbandingannya masing-masing yaitu 610 gram/kg ransum broiler starter, 110 gram/kg jagung kuning, 270 gram/kg dedak padi dan 10 gram/kg top mix komersial.

Pakan Ayam KUB Petelur

Pakan yang diberikan pada ayam KUB petelur disesuaikan dengan kebutuhan ayam KUB petelur terhadap berbagai zat gizi pendukung pertumbuhan dan produktivitas bertelurnya.

Pemberian ransum pada ayam petelur khususnya ayam ras petelur modern biasanya dilakukan berdasarkan tingkatan umur ayam.

Pemberian ransum starter di umur 0-8 minggu, pemberian ransum grower di umur 8-12 minggu, serta pemberian ransum finisher atau developer di kisaran 12-22 minggu.

Setelah mulai bertelur, ayam KUB petelur diberikan pakan campuran yang terdiri atas pakan jadi layer, dedak padi, tepung ikan, dan mineral Wonder dengan perbandingan 2,5:1:0,1:0,03.

Komposisi pkan ini memiliki kadar air 10,6%, protein kasar 17,44%, serat kasar 8,69%, lemak 7,47%, abu 15,7%, kalsium 2,94%, fosfor 0,75%, dan energi kasar 14,7 MJ atau setara dengan 2.850 kkal.

Dengan demikian formulasi tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif pakan bagi KUB petelur masa produksi, untuk menurunkan harga bila dibandingkan dengan hanya diberikan pakan jadi.

Sumber :

  1. Sartika, T. (2017). Panen Ayam Kampung 70 Hari. Penebar Swadaya. Jakarta
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Pakan Ayam KUB Pedaging dan Ayam KUB Petelur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel